Hari Guru Sedunia, Sejarah dan Tema Peringatan Profesi Pendidik

  • Bagikan
Ilustrasi Hari Guru Sedunia atau World Teacher's Day diperingati setiap 5 Oktober. (Grafis: Istimewa)


Hari Guru Sedunia atau World Teachers’ Day diperingati setiap 5 Oktober sejak 1994 silam. Hal ini mengadopsi Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru, yang menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, dan standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar-mengajar.

Rekomendasi tentang Status Tenaga Pengajar Pendidikan Tinggi diadopsi pada tahun 1997 untuk melengkapi Rekomendasi 1966 dengan mencakup tenaga pengajar di pendidikan tinggi. Hari Guru Sedunia telah diperingati sejak tahun 1994. Hari Guru Sedunia diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), UNICEF dan Education International (EI).

“Pada hari guru sedunia, kami tidak hanya merayakan setiap guru. Kami menyerukan kepada negara-negara untuk berinvestasi di dalamnya dan memprioritaskan mereka dalam upaya pemulihan pendidikan global sehingga setiap pelajar memiliki akses ke guru yang memenuhi syarat dan didukung. Mari kita berdiri bersama guru kita,” demikiam pernyataan dari Unesco, ILO, Unicef, dan Education International.

Peringatan hari guru sedunia pada 2021 kali ini megusung tema Teachers at the Heart of Education Recovery atau guru di jantung pemulihan pendidikan. Di Hari Guru ini, serangkaian acara global dan regional akan diadakan selama lima hari untuk menunjukkan dampak pandemi terhadap profesi guru, menyoroti tanggapan kebijakan yang efektif dan menjanjikan, dan bertujuan untuk menetapkan langkah-langkah yang perlu diambil untuk memastikan bahwa tenaga pengajar mengembangkan kemampuan mereka sepenuhnya.

Tahun ini, perayaan Hari Guru Sedunia akan berlangsung bersamaan dengan pertemuan Komite Ahli Gabungan ILO-UNESCO tentang Penerapan Rekomendasi Tenaga Pengajar (CEART), yang akan berlangsung dari 4-8 Oktober 2021.

Serangkaian acara global dan regional selama lima hari ini akan menunjukkan dampak pandemi terhadap profesi guru, menyoroti tanggapan kebijakan yang efektif dan bertujuan menetapkan langkah-langkah yang perlu diambil untuk memastikan bahwa tenaga pengajar bisa mengembangkan kemampuan mereka sepenuhnya. Acara perayaan Hari Guru Sedunia 2021 akan dilaksanakan secara daring atau virtual. Secara resmi acara dibuka pada 5 Oktober oleh Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay.

Ucapan Hari Guru Sedunia

1. Selamat Hari Guru Sedunia 2021! Terima kasih atas setiap kata yang kini menjadi makna untuk tiap anak Indonesia.

2. Guru adalah teladan yang memberitahu, menjelaskan, atau mendemonstrasikan. Lebih dari itu, mereka menginspirasi.

3. Selamat hari guru untuk semua guru hebat dimanapun kalian berada. Terima kasih buat jasa-jasa kalian dalam melahirkan para penerus bangsa yang berkualitas dan bermanfaat bagi sesama. Selamat Hari Guru Sedunia.

4. Engkau guruku pahlawanku, Engkau mengajarkan ilmu tanpa pamih. Selamat Hari Guru Sedunia!!

5. Selamat Hari guru untuk seluruh bapak ibu guru di seluruh dunia. Kami hormat, kami cinta dan kami bangga kepada kalian!

6. Happy Teachers Day, kalian inspirasi hidup untuk kami, terimakasih untuk para Gguru yang memberi kami banyak pelajaran hidup dan mendampingi kami untuk memahami pelajaran dan ilmu pengetahuan yang diberikan.

7. Terimalah ucapan terima kasih kami pada hari ini. Selamat Hari Guru Sedunia.

8. Wahai Bapak Ibu Guru jasamu tidak terhitung hingga kamu mampu berdiri tegak saat ini. Semoga kebaikan selalu menyertaimu, Selamat Hari Guru Sedunia.

9. Orang yang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang yang hebat. Selamat Hari Guru Sedunia.

10. Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan bangsa (Ki Hajar Dewantara).



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *