Hasyim Gautama : Di Era Digital, Kemampuan Membentuk Personal Branding Itu Penting

  • Bagikan


Sikka, SuaraKupang.com – “Di era digital seperti saat ini kemampuan untuk membentuk personal branding itu penting,” Oleh karena itu kalau kita merasa diri kita mampu membuat personal branding jangan pernah merasa ragu. Tetapi yang juga perlu diingat dalam mempromosikan diri jangan pernah mencantumkan data-data pribadi kita di internet,”
Hal ini dikatakan Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik KEMKOMINFO RI, Hasyim Gautama saat menyampaikan keynote speech melalui Zoom, pada kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit yang berlangsung di Maumere, pada Minggu (31/10/2021).

Dalam kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit yang berlangsung secara online dan offline di Hotel Sylfia Maumere ini mengusung tema besar yaitu “Membangun Personal Branding di Era Masyarakat Digital”. Kegiatan ini di lakukan secara offline dan online melalui Zoom dan YouTube (Ditjen IKP Kominfo). Pertunjukan Rakyat ini menampilkan budaya dan kesenian dari Kabupaten setempat seperti tari-tarian daerah dan juga performa band lokal. Kegiatan ini juga aktif menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Prokes ini aktif diterapkan oleh panitia penyelenggara kegiatan. Seluruh pihak yang terlibat secara offline baik seperti host, narasumber dan talent dalam kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit sudah melalui tes antigen serta aktif memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik KEMKOMINFO RI, Hasyim Gautama saat menyampaikan keynote speech nya juga menjelaskan bahwa walaupun ditengah pandemi Covid-19, tak bisa dipungkiri Kemajuan teknologi saat ini berkembang pesat. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat, dimana saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 170 juta jiwa lebih. Melihat kenyataan ini KEMENKOMINFO ingin selalu meningkatkan aksesibilitas terhadap internet sehingga kebutuhan akan informasi bagi masyarakat semakin lancar.

“Terimakasih atas partisipasi dari para narasumber dan peserta yang aktif mengikuti kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit ini, karena walaupun di tengah pandemi kita masih bisa berinteraksi secara online melalui Zoom,” ungkap Hasyim Gautama.

Dirinya menambahkan Internet dan Media sosial saat ini gencar digunakan masyarakat untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dan promosi pariwisata. “Berbicara personal branding kita berbicara tentang kemampuan kita sejauh mana bisa mengangkat kemampuan dan keunggulan yang kita miliki dan juga potensi pariwisata hingga bisa menjadi daya tarik buat orang lain dan pada akhirnya orang tersebut memiliki ketertarikan kepada produk kita itu sendiri. Dalam hal ini diperlukan kepercayaan diri. Dalam hal menumbuhkan rasa percaya diri dan Sumber Daya Manusia (SDM), KEMKOMINFO menyediakan program untuk meningkatkan kemampuan SDM Digital namanya Digital Talent Scholarship (DTS). Jika masyarakat ingin mengetahui cara membuat desain grafis, bagaimana cara ingin mengetahui jaringan komputer, bagaimana bisa membuat aplikasi sebagai programmer dan lain-lain dan ini disediakan KEMKOMINFO secara online dan gratis. Masyarakat yang ingin mengetahui nya bisa mengecek di digitalent.kominfo.go.id,” jelas Hasyim Gautama.
Pada kesempatan ini dirinya juga menyampaikan sejumlah pesan penting yaitu :

1. Generasi Milenial harus bisa menjaga budaya asli dan tradisi bangsa Indonesia

2. Perkembangan teknologi harus mampu dikemas secara kreatif dan positif

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik KEMKOMINFO RI, Hasyim Gautama pada kesempatan ini juga mengingkatkan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir jadi masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yakni aktif menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak.
Untuk diketahui hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit di Kota Maumere ini yaitu Akademisi dan Pakar ilmu Komunikasi Dr. Jonas K.G.D. Gobang, S.Fil.,MA, Akademisi Universitas Nusa Nipa Maumere Dr. Hendrikus Pedro, S.Fil.,MA, Kepala Bidang Statistik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka Yohana Chrisosta E,P. Christini Tepa,S.Sos. Hadir selaku Host dalam kegiatan ini yaitu Daniel Owon dan Kikan Nong Goa.

Tiga Orang Narasumber (tengah) saat memaparkan materi pada kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit yang berlangsung di hotel Sylfia Kota Maumere, Minggu (31/10/2021). Dokumentasi : YouTube (Ditjen IKP Kominfo)

Turut hadir mementaskan tari-tarian dan lagu daerah khas Kabupaten Ende dan Provinsi NTT secara offline dalam kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit ini yaitu Studio Teater KAHE, Band: Anak Cabang Akustik dan Tari: Sanggar John Paul II.

Foto : Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik KEMKOMINFO RI, Hasyim Gautama saat menyampaikan keynote speech melalui Zoom, pada kegiatan Pertunjukan Rakyat Virtual Indonesia Sehat Ekonomi Bangkit yang berlangsung di Maumere, pada Minggu (31/10/2021). Dokumentasi : YouTube (Ditjen IKP Kominfo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *