Helikopter Super Puma Presiden Jokowi Juga Dicat Merah Putih

  • Bagikan
Helikopter Super Puma TNI AU. (Foto: Dok. Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)


Pesawat Kepresidenan RI dicat ulang ramai jadi perbincangan di media sosial. Pesawat berganti warna menjadi merah putih dari sebelumnya putih biru. Penampakan pesawat baru itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @adhimas_aviation dengan keterangan “New Livery For A-001! A-001 Blasting Out From CGK Bound To Pelabuhan Ratu For Test Fight“. Keterangan dalam foto tersebut juga menuliskan Indonesian Government A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2).

Foto pesawat Kepresidenan dicat ulang pun viral ketika pakar penerbangan Alvin Lie membeberkan kegiatan pengecatan ulang pesawat  tersebut sebagai pemborosan uang di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Alvin Lie, pengecatan ulang pesawat Kepresidenan Indonesia-1 atau Pesawat BBJ 2 itu bisa menelan biaya Rp1,4-2,1 miliar. Dalam cuitannya di Twitter, Alvin Lie menandai akun Twitter resmi @KemensetnegRI, @setkabgoid, dan @jokowi.

Kicauan Alvin Lie soal biaya pengecatan ulang pesawat Kepresidenan jadi merah putih. (Foto: Tangkapan layar)

Selain pesawat, ternyata Helikopter Super Puma yang kerap digunakan Presiden Jokowi juga dicat ulang dengan warna baru. Helikopter dicat ulang dengan warna merah dan putih.

Hal ini terungkap dalam akun Instagram resmi @skadronudara45. Dalam unggahan foto tersebut, terlihat penampakan pesawat baru dan Super Puma dengan warna baru di dalam hangar pesawat.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pun angkat bicara. Heru membenarkan bahwa pesawat dan helikopter Super Puma melakukan pengecatan ulang sebagai bagian dari perawatan rutin.

“Proses pengecatan sendiri merupakan satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RI,” kata Heru saat dikonfirmasi, Selasa 3 Agustus 2021.

Heru mengatakan pengecatan pesawat kepresidenan dan helikopter Super Puma telah direncanakan sejak 2019 lalu. Perawatan rutin memang jatuh pada tahun ini dan merupakan perawatan Check C sesuai rekomendasi pabrik.

“Perawatan rutin memiliki interval waktu yang sudah ditetapkan dan harus dipatuhi, sehingga jadwal perawatan ini harus dilaksanakan tepat waktu,” jelasnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *