Hina Rizieq Shihab, Sabu-Bir Halal, Komika McDanny Dipolisikan

  • Bagikan
Komika McDanny bertemu dengan Arie Untung dan pengacara Rizieq Shihab (kiri). (Foto: Istimewa)


Komika McDanny dilaporkan ke Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, pada Selasa 19 Oktober 2021 malam. Laporan tersebut tertuang dengan nomor laporan STPB/335/X/2021/JBR/Polrestabes.

Lembaga swadaya masyarakat (LSM) DPD Pekat Jawa Barat menilai pemilik nama asli Dani Jaya Wardhana itu terindikasi merusak moral generasi muda bangsa dan ada unsur penistaan agama.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Satreskrim Polrestabes. Pada dasarnya, kami ingin melaporkan tentang (dugaan) penistaan agama. MUI (dilibatkan) untuk mengeluarkan fatwa,” kata Wakil Sekretaris DPD Pekat Jawa Barat, Sonny Chaniago.

Sony menuturkan, McDanny menista agama bahwa bir dan sabu itu halal. Sementara agama Islam, kitab suci Alquran dan fatwa MUI menyatakan, bir dan sabu itu haram.

Karena itu, Sony berharap McDanny diberikan efek jera. “Jadi, meledek dan menista agama itu (akhirnya) menjadi suatu hal yang biasa. Kami tidak mau lah hal-hal seperti ini nanti jadi hal yang biasa,” ujar Sony.

Terkait laporan tersebut, Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung memastikan kasus ini akan diusut tuntas. “Sudah kita terima laporan dan kita lakukan penyelidikan. Sudah kita proses dan akan disampaikan perkembangannya,” kata Aswin, Rabu 20 Oktober 2021.

Terkait pemanggilan terhadap McDanny, Kepala Satreskrim Polrestabes Bandung AKBP Rudi Trihandoyo mengatakan bahwa hal itu masuk dalam teknis penyelidikan. “Kita dalami dulu untuk upaya teknis (penyelidikan) ke depan,” ucapnya.

Seperti diberitakan Ngopibareng.id sebelumnya, McDanny dalam lawakannya membandingkan kehalalan bir dan sabu, kemudian menyinggung perempuan berhijab pada suatu acara. Tak sampai di situ, ia juga melontarkan kata-kata yang diduga hinaan kepada Rizieq Shihab.

Sorry, sorry, baru minum bir di roots mah halal, lebih halal dari sabu,” kata McDanny dalam video yang viral.

Thank you banget untuk cewek-cewek yang berkerudung di sini, tapi elu asyik banget, kita ketemu di neraka. “Hahaha, f**k Habib Rizieq,” imbuh dia.

Usai videonya ramai diperbincangkan, video rekaman lainnya muncul yang berisi permintaan maaf McDanny.

“Assalamualaikum, saya McDanny ingin mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh umat Muslim, ormas-ormas Islam, terutama kepada ulama, sahabat, dan keluarga besar habib,” ujar McDanny dalam unggahan video di Instagram @mcd4nny.

Arie Untung langsung merespon permintaan maaf tersebut, Dia bahkan menyebut telah tabayun dengan McDanny. Suami Fenita Aire itu memang menyayangkan apa yang sudah dilakukan McDanny. Namun, di sisi lain, dia menghargai permintaan maaf McDanny.

“Teman-teman alhamdulillah bertabayun sama McDanny. Akupun termasuk yang menyayangkan sampai ada kejadian video itu. Selama aku kenal syuting bareng aku tahu McDanny orangnya baik-baik aja. Kalau syuting sering salat bareng, bahkan sudah mulai ngaji selama masih di Lapas. Alhamdulillah beliau menyesali atas kekhilafan ini. Tapi Qadarullah udah terlanjur viral,” jelasnya di laman Instagram, Selasa, 19 Oktober 2021.

Di sisi lain, tanda pagar atau tagar #TangkapMcDanny sempat menggema di Twitter.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *