HUT RI, Gus Ipul Ajak Masyarakat Bangkit Lawan Pandemi  

  • Bagikan
Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul saat memimpin upara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI, Selasa 17 Agustus 2021. (Foto: Istimewa)


Walikota Pasuruan Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengajak masyarakat Kota Pasuruan menjadikan momentum peringatan HUT RI ke-76, sebagai momentum menguatkan semangat untuk kembali bangkit.

Hal itu disampaikan Gus Ipul usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara virtual bersama Presiden Jokowi di Yon Zipur 10 Pasuruan bersama Forkopimda Kota Pasuruan, Selasa 17 Agustus 2021.

“Intinya begini, kami ingin mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum Kemerdekaan ini sebagai penambah dan penguat semangat kita bersama, khususnya melawan pandemi,” katanya.

Selain itu, kata Gus Ipul, momentum kemerdekaan ini juga sebagai penanda bahwa ini adalah kebangkitan bersama, dengan harapan beberapa bulan ke depan ekonomi bisa bergerak kembali, kesehatan masyarakat terlindungi.

“Ya, allhamdulillah kami masih bisa memperingati HUT RI ke-76 sekalipun di situasi pandemi seperti ini dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” kata mantan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Gus Ipul menyebutkan, bahwa Pemkot Pasuruan bersama Forkopimda menggelar beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-76 di tengah situasi pandemi seperti ini.

Gus Ipul saat memimpin upacara detik-detik proklamasi di Kota Pasuruan, Selasa 17 Agustus 2021. (Foto: Istimewa)

Mulai renungan malam di Taman Makam Pahlawan (TMP), upacara peringatan detik-detik proklamasi bersama Forkopimda secara internal di Kota Pasuruan, hingga mengikuti upacara virtual bersama Presiden.

“Allhamdulillah semua rangkaian kegiatan berjalan khidmat, lancar, tanpa ada kendala. Kami ingin memberikan doa dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” urainya.

Setelah itu, Gus Ipul juga menyebut, ada pemberian remisi buat saudara yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Pasuruan. Ada yang mendapatkan remisi satu bulan, dua bulan, hingga tiga bulan.

“Ada 484 narapidana yang mendapatkan remisi. Rinciannya, 479 mendapatkan potongan masa tahanan, dan lima orang lain mendapatkan potongan masa tahanan yang langsung bebas,” jelasnya.

Gus Ipul menguraikan, rangkaian kegiatan dalam memperingati kemerdekaan ini sangat banyak. Ia menyebut, nanti sore juga akan mengikuti detik – detik penurunan bendera secara virtual.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *