Ilmuwan Rekam Kura-Kura Raksasa Vegetarian Memangsa Burung untuk Pertama Kalinya

  • Bagikan


Ilmuwan Rekam Kura-Kura Raksasa Vegetarian Memangsa Burung untuk Pertama Kalinya

Cuplikan vide kura-kura raksasa memangsa anakan burung. Sumber foto: Anna Zora

Kura-kura adalah binatang yang punya citra kalem. Jalannya lambat, seringkali bisa berusia hingga lebih dari satu abad, serta santai banget pola hidupnya.

Namun, dalam video anyar yang mengejutkan komunitas ilmiah, seekor kura-kura di Kepulauan Seychelles, kawasan pantai timur Benua Afrika, terekam sanggup memangsa burung yang masih muda, dengan cara mematahkan lehernya lebih dulu. Setelah si burung tewas, seluruh tubuhnya langsung dilahap kura-kura tersebut.

Hal ini dianggap langka, sebab kura-kura seringkali hanya mengonsumsi tumbuhan untuk bertahan hidup. Itu sebabnya kura-kura sering dijuluki binatang ‘vegetarian’.

“Video ini menampilkan untuk pertama kalinya seekor kura-kura menyerang dan memangsa hewan lain,” demikian kesimpulan para peneliti yang menerbitkan kajian ilmiah atas rekaman itu di jurnal Current Biology pada pertengahan Agustus 2021.

Rekaman itu sendiri didapat tim peneliti lapangan pada 30 Juli 2020. Kura-kura yang diamati itu hidup di hutan Pulau Frégate, yang masih menjadi bagian dari Kepulauan Seychelles. Menurut Anna Zora, Kepala Pemeliharaan Kawasan Hutan Lindung Seychelles, tindakan si kura-kura menyerang anakan burung belum pernah dia saksikan sebelumnya.

“Selama ini peneliti di manapun belum pernah melihat spesies kura-kura dari jenis apapun berperan menjadi predator,” kata Zora, yang turut menjadi anggota tim penulis artikel ilmiah tersebut. “Sebelumnya, pernah ada catatan kasus kura-kura raksasa Galagapos menginjak burung sampai mati, tapi tidak ada kesan disengaja. Ada juga laporan kura-kura di Aldabra yang meremas kepiting, tapi smua ini hanya anekdot dan tidak tersirat tindakan itu disengaja.”

Kura-kura yang memangsa burung di Seychelles itu berjenis kelamin perempuan. Dia memang tidak secara spesifik memburu burung dara laut. Si anakan burung itu terjatuh dari sarang dan bernasib sial saja. Namun yang tidak disangka-sangka, ketika kura-kura raksasa melihat ada hewan lemah di depannya, dia tidak ragu memangsanya. Proses si kura-kura menggigit burung dan melahapnya hanya berlangsung 92 detik. Hal ini menandakan, kura-kura tersebut pernah melakukan aksi predatorial serupa di masa lalu.

Kemungkinan, adanya kura-kura yang ternyata bisa memangsa hewan lain adalah kasus khusus akibat topografi Pulau Frégate. Akibat upaya konservasi yang massif di hutan tersebut, populasi kura-kura raksasa melonjak, demikian pula populasi burung jenis dara laut. Alhasil, sesama kura-kura berebut makan tumbuhan, dan sebagian memilih untuk makan binatang lain saja.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *