Ini Alasan Kebakaran Depot Soto Cak Har Merr Surabaya

Kebakaran di Depot Soto Cak Har di kawasan Merr Surabaya, Rabu 19 Januari 2022. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Depot Soto Ayam Lamongan yang terkenal di Surabaya, Cak Har, mengalami kebakaran pada Rabu 19 Januari 2022 pukul 11.30. Kebakaran itu langsung dilaporkan ke Command Center Surabaya, dan langsung mendatangkan 12 unit mobil pemadam kebakaran.

Menurut petugas Command Center Surabaya Romi, api yang membakar ruang makan, kasir, dan dapur yang dekat rombong soto Depot Soto Cak Har MERR Surabaya berasal dari kegiatan pengelasan di belakang rumah makan. Kemudian api las terpercik ke aliran listrik depot tersebut. Akibatnya, api membakar atap hingga bawah bangunan.

“Keterangan dari saksi yang saat itu mengelas di situ, percikan api yang disebabkan oleh alat las, menyambar instalasi listrik bagian belakang Soto Cak Har sehingga terbakar dan merambat ke sebagian atap Soto Cak Har. Saksi sudah berusaha memadamkan menggunakan APAR dan lapor ke PMK,” kata Romi.

Romi mengatakan, setelah tim command center dan Pemadam kebakaran Kota Surabaya menerima berita kebakaran pada pukul 11.30 WIB, tak lama petugas langsung datang di lokasi pukul 11.34 WIB. Hanya 4 menit proses dari pelaporan.

12 unit mobil pemadam kebakaran langsung dikerahkan ke lokasi. Masing-masing satu unit dari Pos Sukolilo, Kalirungkut, Mulyorejo, Menur, kemudian dua unit dari Rayon 3 Rungkut, dan enam unit Tim Rescue.

Unit Tempur Pos PMK Sukolilo lah yang tiba pertama kali di tempat kejadian kebakaran, karena posisinya yang lumayan dekat dengan MERR. Tim Sukolilo langsung melakukan pemadaman dan membuka semua ventilasi udara untuk mengeluarkan asap.

Tak butuh waktu lama bagi tim PMK untuk memadamkan api. Hanya 10 menit api pokok sudah padam. Selama 25 menit pembasahan sudah clear. Pada pukul 12.00 WIB, pembasahan selesai dan lokasi dinyatakan sudah kondusif. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini

“Api pokok padam pukul 11.40 WIB,” kata Romi.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.