Ini Cara Aman Lihat Gerhana Bulan Total di Surabaya Usai Maghrib

Ilustrasi gerhana bulan total yang akan terjadi petang nanti, Rabu 26 Mei 2021. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

[ad_1]

Blood Moon atau gerhana bulan total akan terjadi Rabu, 26 Mei 2021 petang. Fenomena alam seperti ini akan menarik antusias masyarakat untuk melihatnya. Bila Anda ingin melihat gerhana bulan total di Surabaya dan sekitarnya, dosen Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Analitika Data, ITS, Dr. Bintoro Anang Subagyo, membagikan cara melihat gerhana bulan total ini.

“Gerhana bulan total lebih sederhana untuk disaksikan karena tidak ada bahaya apapun yang mengancam manusia,” ujarnya kepada Ngopibareng.id.

Untuk melihat gerhana bulan total ini, ujar Bintoro, sama seperti melihat bulan purnama pada umumnya. Bisa disaksikan dengan mata telanjang dan tanpa alat apapun. “Blood moon kali ini bersamaan dengan bulan purnama. Jadi sama seperti kita lihat bulan purnama setiap bulannya tinggal lihat saja,” kata Bintoro.

Untuk wilayah Jatim, Surabaya, dan sekitarnya bisa menyaksikan gerhana bulan total setelah magrib nanti. “Siapapun bisa melihatnya. Melihatnya ke langit sebelah timur terbitnya bulan. Kondisi gerhana akan tampak ketika pertama kali dilihat,” imbuhya.

Saat ditanya tempat mana yang paling cocok untuk melihat gerhana bulan total ini. Menurut Bintoro, tidak ada tempat spesifik untuk melihat. Yang terpenting usahakan tempat tersebut, dapat melihat langit tanpa terhalang awan atau gedung tinggi.

“Sebenarnya tidak ada prefensi tempat apapun. Mungkin kalau di Surabaya ingin melihat¬† langit secara leluasa tanpa terhalang. Bisa di sekitar Pantai Kenjeran karena di pantai bisa melihat langit secara leluasa,” pungkasnya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.