Ini Teknis PPDB SMP Surabaya Jalur Penghafal Kitab Suci

  • Bagikan
Ilustrasi penerimaan siswa baru jalur PPDB. (Foto: dok. Ngopibareng.id)


Dalam pelaksanaan PPDB tingkat SMP di Surabaya tahun 2021 kali ini, para pelajar yang hafal kitab suci dari semua agama yang diakui di Indonesia, bisa mendaftar melalui PPDB jalur prestasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Supomo menyampaikan, ini bukan jalur baru dari PPDB, melainkan bagian dari jalur prestasi. “Ini bukan jalur baru, tapi masuk dalam jalur prestasi. Memang untuk tahun ini baru dijalankan. Karena adik-adik yang hafal kitab suci juga merupakan prestasi dalam bidang agama,” kata Supomo, Jumat, 21 Mei 2021.

Lebih lanjut Supomo menjelaskan, secara teknis pendaftaran jalur prestasi penghafal kita suci ini, bisa mendaftar lewat jalur prestasi. Para Peserta didik bisa memilih pilihan penghafal kitab suci disamping jalur prestasi lainnya, seperti prestasi lomba atau nilai rapor.

“Setelah itu yang sudah mendaftar, akan kami lakukan seleksi secara tatap muka dengan pihak-pihak yang kompeten di bidangnya. Misalnya untuk agama Islam kami akan libatkan Kemenag atau ustaz, kalau Kristen kami akan libatkan pendeta dan lainnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, proses seleksi ini akan dilakukan sesuai jadwal PPDB jalur prestasi. Seleksi akan dilakukan saat proses validasi.

Supomo berharap, dengan adanya penambahan jalur prestasi pengahafal kitab suci pada semua agama ini, akan semakin banyak peserta didik yang perduli terhadap ilmu keagamaan. “Hal ini juga sebagai bentuk pendidikan karakter sehingga banyak anak menjadi penghafal kitab suci bagian dari prestasi,” pungkas Supomo.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *