Jabatan Andika Sebagai Panglima TNI Baru Hanya Setahun, Ini Kata Puan

  • Bagikan


SuaraKupang.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melalui Komisi I telah menyetujui dan mengesahkan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajukan nama Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI yang baru.

Pengesahan persetujuan Jenderal Andika yang saat ini menjabat sebagai KSAD sebagai Panglima TNI baru, yang akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan segera memasuki masa pensiun pada akhir tahun ini. Persetujuan itu telah dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (08/11/2021).

Oleh karena itu, Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI pun memberikan pesannya yang khusus ditujukan untuk Andika, yang telah disetujui DPR sebagai calon Panglima TNI tersebut. Puan berharap Andika bisa bekerja maksimal kedepan, meski masa jabatan jenderal bintang empat itu hanya akan berjalan selama satu tahun.

“Selamat kepada calon Panglima TNI semoga dapat menjalankan peran strategis dalam memimpin TNI dan melaksanakan kebijakan pertahanan negara dengan penuh tanggung jawab dan amanah,” katanya.

Dalam Rapat Paripurna, Andika Perkasa hadir dan diperkenalkan di hadapan semua anggota dewan.

Lebih lanjut, Puan mengatakan DPR akan segera mengirim surat persetujuan Panglima baru TNI kepada Jokowi. Usai mendapat persetujuan dari DPR, tahap selanjutnya dalam pengangkatan Panglima TNI adalah pelantikan oleh presiden.

“Kemarin kita sudah dengar visi dan misi calon Panglima TNI. Mudah-mudahan dalam waktu relatif singkat, yaitu satu tahun, program-program Pak Andika dapat terlaksana,” imbuhnya.

Seperti diketahui, masa aktif perwira paling lama sampai usia 58 tahun sementara Jenderal Andika akan menginjak usia 58 tahun pada 21 Desember 2022 mendatang. Puan meyakini Andika tetap akan dapat bekerja sebaik-baiknya.

“Ini akan menjadi tantangan bagi Jenderal Andika Perkasa untuk mewujudkan program-programnya untuk membawa TNI menjadi kekuatan pertahanan yang unggul dan hebat sebelum memasuki masa pensiun nanti,” paparnya.

Saat fit and proper test, Sabtu (06/11/2021) lalu, Andika mengusung visi ‘TNI Adalah Kita’. ia pun menyodorkan sebanyak delapan program prioritas sebagai visi misinya kedepan.

“Dengan visi Jenderal Andika, kami berharap TNI akan semakin dekat dengan rakyat, selalu berada di garda terdepan pertahanan negara, dan juga semakin berperan dalam membantu penanganan Covid-19 di Tanah Air, DPR RI juga yakin Jenderal Andika dapat membuat TNI semakin solid, baik di tingkat internal maupun dengan instansi-instansi lain, termasuk Polri,” bebernya.

Di Rapat Paripurna, DPR RI juga menyetujui pemberhentian Marsekal Hadi Tjahjanto dengan hormat sebagai Panglima TNI. Hadi akan memasuki masa pensiun pada akhir tahun 2021 ini.

“DPR RI memberikan apresiasi atas dedikasi tinggi yang telah diberikan Marsekal Hadi Tjanhjanto saat menjadi Panglima TNI. Selama mengabdikan diri di TNI, Marsekal Hadi telah berbuat banyak untuk negara dan rakyat. Selamat memasuki masa pensiun,” pungkasnya.


Photo Credit: Calon Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. ANTARA/Galih Pradipta

 

Edo W.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *