Jadi Mata Uang Resmi, di El Salvador Kalian Bisa Beli McDonald’s Pakai Bitcoin

  • Bagikan



“Undang-Undang Bitcoin” mulai berlaku di El Salvador pada 7 September 2021, menjadikannya negara pertama yang mengakui mata uang kripto sebagai alat pembayaran sah. Dengan demikian, warga negara Amerika Tengah itu bisa melakukan transaksi pakai Bitcoin.

Gerai McDonald’s di ibu kota, misalnya, telah menerima pembayaran dengan Bitcoin.

“Saya iseng masuk ke McDonald’s di San Salvador untuk mencari tahu bisa bayar sarapan dengan bitcoin atau tidak. Saya menduga tidak bisa,” bunyi twit jurnalis Bitcoin Magazine Aaron van Wirdum. “Tapi lihatlah, mereka mencetak tiket berisi QR yang mengarahkan saya ke laman web dengan faktur Lightning. Sekarang saya bisa menikmati desayuno traditional (menu sarapan McD)!”

Undang-undang tersebut diusulkan oleh Presiden Nayib Bukele yang pemerintahannya tersandung kasus korupsi. Seluruh entitas bisnis kini dimandatkan untuk menerima transaksi bitcoin, sebuah poin yang telah melukai perasaan pengguna kripto.

Pemerintah juga membuka ATM di dalam negeri, dan meluncurkan aplikasi Chivo wallet untuk pengguna Bitcoin. Warga yang menggunakan aplikasi ini seharusnya menerima $30 (Rp427 ribu) dalam bentuk BTC, tapi malah mengalami masalah teknis pada Selasa pagi.

McDonald’s menyediakan transaksi Bitcoin menggunakan jaringan Lightning via OpenNode, alat pemroses pembayaran yang sebelumnya memungkinkan Substack menerima uang kripto.

Dalam pernyataannya, juru bicara OpenNode mengonfirmasi kabar gerai McDonald’s di El Salvador menerima Bitcoin. Mereka juga mengisyaratkan adanya integrasi lebih lanjut dengan “bisnis miliaran dolar” pekan ini.

“OpenNode telah bekerja sama dengan semua jenis bisnis besar di El Salvador untuk mengaktifkan pembayaran Bitcoin dalam waktu kurang dari dua bulan,” ujar Julie Landrum selaku Head of Growth di OpenNode dalam pernyataannya.

“Dari dompet digital hingga operator jaringan seluler, pedagang besar hingga perusahaan asuransi, restoran cepat saji hingga perusahaan industri…OpenNode menawarkan solusi untuk setiap sektor bisnis di mana saja kalian berada. Jaringan Lightning khususnya membuat pembayaran bitcoin lebih efisien dan terukur. Bagi negara-negara seperti El Salvador, Bitcoin melambangkan peluang ekonomi yang luar biasa.”

Bitcoin melalui jalan terjal hingga akhirnya diakui sebagai mata uang resmi El Salvador. Rencananya diprotes dan dikecam berbagai belah pihak. Bahkan ada yang mengkhawatirkan transaksi kripto akan dimanfaatkan untuk pencucian uang. Pekan lalu, aparat diduga menangkap seseorang yang aktif mengkritik usulan ini tanpa surat penangkapan. Moody’s juga telah menurunkan utang negara.

Memang agak aneh rantai makanan cepat saji seperti McDonald’s menggunakan Bitcoin sebagai pengganti uang. Siapa pula yang rela membuang BTC mereka hanya untuk beli ayam goreng. Begitu nilai jual bitcoin naik, bisa-bisa paket hemat andalan kalian jadi tidak murah lagi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *