Jawa Barat Kukuh di Puncak

  • Bagikan
Ilustrasi ikon PON XX Papua. (Grafis: Istimewa)


Provinsi Jawa Barat belum tergeser dari puncak klasemen PON XX 2021 sampai Jumat, 8 Oktober 2021 malam WIB. Kontingen Bumi Pasundan mengoleksi 66 emas, 63 perak, dan 67 perunggu.

DKI Jakarta menempel di posisi kedua. Jakarta menyalip Jawa Timur dengan mengoleksi 59 emas, 49 perak, dan 61 perunggu, dengan total medali 169. Jawa Timur sebenarnya juga sudah mengumpulkan 59 emas, namun kalah jumlah di perak dan perunggu. Jatim punya 48 perak dan 46 perunggu sampai saat ini.

Tuan rumah Papua untuk sementara memenangi 53 emas, 27 perak dan 53 perunggu dan duduk di urutan empat. Papua unggul jauh dari Jawa Tengah yang menghuni posisi lima dengan 18 emas, 28 perak, dan 31 perunggu.

Berturut-turut kemudian adalah Bali, Riau, Kalimantan Timur, Lampung, dan Sumatra Utara. Bali meraih 15 emas, disusul Riau dengan 11 emas, lalu Kaltim dan Lampung sama-sama punya tujuh emas, dan Sumatra Utara mengantongi enam emas.

Ada enam provinsi yang belum meraih emas sejauh ini, sehingga menempati enam terbawah klasemen PON XX Papua. Mereka adalah Papua barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *