Jelang MotoGP Aragon, Vinales Merasa Sangat Kuat

  • Bagikan
Maverick Vinales saat akan melakukan tes bersama Aprilia. (Foto: Twitter/@alpinestar)


Maverick Vinales mengaku sangat senang setelah dua hari menjalani tes pribadi dengan mesin V4 Aprilia, 1-2 September 2021 waktu setempat. Mantan pembalap Monster Energy Yamaha itu merasa sangat kuat dengan tunggangan barunya itu.

Ini tentu menjadi sinyal bagus bagi Vinales yang akan memulai debutnya bersama Aprilia di MotoGP Aragon 2021 pada Minggu, 12 September 2021 pekan depan.

Vinales seakan terlepas dari beban setelah melalui satu tahun pasang surut kariernya bersama Yamaha, yang kemudian berujung dengan perpisahan lebih dini dari yang diperkirakan.

“Karena setelah lima tahun di sana (Yamaha) mengalami pasang surut dan kami tidak mengerti banyak hal, pada akhirnya Anda mengatakan ‘apa yang terjadi?’ Tapi begitu saya melompat ke Aprilia, saya tahu potensi saya, saya tahu apa yang bisa saya lakukan lebih banyak lagi,” kata Vinales.

Kendati begitu, Vinales mengaku gugup menjelang uji coba mesin V4 kali ini. Namun setelah melahap beberapa lap, Vinales mulai terbiasa dan merasa semakin kuat.

Pada uji coba ini, ia menghabiskan 179 putaran, 65 kali pada hari Rabu 1 September 2021 WIB, lalu 114 lap hari ini. Vinales telah membawa RS-GP ke lap terbaik 1menit 32,4 detik, menyamai apa yang telah ia lakukan dalam perjalanannya menuju kemenangan untuk Yamaha di grand prix tahun lalu dan 0,8 detik di bawah lap balap terbaik Aprilia.

“Sejujurnya saya pergi (ke tes) tanpa harapan, karena Anda tidak pernah tahu bagaimana motor akan bereaksi,” kata Vinales. 

“Tetapi saya harus mengatakan bahwa saya sedikit gugup karena saya belum pernah mencoba mesin (V4) yang berbeda (dengan YZR-M1 milik Yamaha).”

“Saya terbiasa mengendarai motor yang memiliki Inline 4, tetapi saya cukup terkejut bahwa cara saya beradaptasi dengan mesin cukup mudah dan ini bagus. Pada dasarnya, motor memiliki mesin penanganan yang sangat (baik), yang sangat penting juga untuk balapan yang panjang.”

Menurutnya, yang perlu dia ubah adalah cara pengeremannya yang sedikit berbeda. Baginya, ini adalah proses pembelajaran yang besar karena cara pengereman dengan Aprilia benar-benar berbeda. “Dan untuk ini saya perlu lebih banyak lap.”

Vinales pun mengaku ingin belajar banyak dari Aleix Espargaro cara pengereman Aprilia yang sangat kuat.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *