Jelang Nataru, Harga Tiga Bahan Pokok Ini Naik di Kota Malang

  • Bagikan
Salah satu pedagang cabai di Pasar Klojen, Kota Malang (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)


Sejumlah bahan pokok di Kota Malang mulai mengalami peningkatan harga menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dari catatan Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskopindag) ada tiga barang kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan harga yaitu minyak, telur dan cabai.

“Ada yang menjadi sorotan kita. Ini naiknya secara fluktuatif. Tiga diantaranya (minyak, telur dan cabai) ini menjadi perhatian kami,” ujar Kepala Diskopindag Kota Malang, Muhammad Syailendra pada Selasa 30 November 2021.

Terkait rencana operasi pasar untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok jelang Nataru kata Syailendra pihaknya bakal berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Karena contoh kasus semisal operasi pasar untuk minyak goreng, itu daerah lain ternyata juga mengalami hal yang sama. Itu harusnya bareng-bareng. Kalau hanya operasi di Kota Malang kan tidak efisien. Jadi kami konsultasi ke provinsi dulu,” katanya.

Meski terjadi kenaikan harga di pasaran ujar Syailendra, lonjakan yang terjadi tidak sampai membuat terjadinya gejolak di masyarakat. “Kalaupun harganya sekian, itu masih dalam tanda petik terjangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu salah satu pedagang barang kebutuhan pokok di Pasar Klojen, Kota Malang, Isnaini mengatakan bahwa harga cabai di pasaran mulai mengalami kenaikan sejak kemarin.

“Kemarin cabai kriting Rp40 ribu, sebelumnya Rp30 ribuan. Kalau cabai rawit itu Rp35 ribu, sebelumnya Rp25 ribu. Itu naiknya mulai kemarin,” katanya.

Salah satu pedagang lainnya, Ratna mengatakan bahwa hal yang sama juga terjadi pada harga minyak goreng yang sudah mulai mengalami peningkatan.

“Kalau masalah penjualan masih normal. Minyak goreng itu sekarang Rp18.500. Sebelumnya itu Rp16 ribu,” ujarnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *