Jelang Nyepi, Umat Hindu di Malang Gelar Upacara Tawur Kesanga

Rangkaian upacara Tawur Kesanga di Pura Luhur Dwijawarsa, Kota Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

[ad_1]

Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi pada Kamis, 3 Maret 2022, Umat Hindu di Kota Malang menggelar upacara Tawur Kesanga di Pura Luhur Dwijawarsa yang diikuti 500 umat Hindu di yang dibagi dua kloter.

Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Kota Malang, I Wayan Mundra mengatakan, upacara Tawur Kesanga merupakan ritual untuk menyelaraskan tiga unsur kehidupan yakni Tuhan, alam, dan manusia.

“Sebetulnya kami punya keyakinan bahwa tiga unsur kehidupan ini saling berhubungan satu sama lain. Keseimbangan itu yang kami jaga,” ujarnya, Rabu 2 Maret 2022.

Upacara Tawur Kesanga diawali dengan pengambilan air suci yang bertempat di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang. Air tersebut lalu dipercikkan saat mereka melakukan sembahyang di Pura Luhur Dwijawarsa.

“Itu adalah simbol penyucian ibadah. Saat kami sembahyang itu ada pemercikan air,” katanya.

Wayan mengatakan, upacara Tawur Kesanga ini adalah sembahyang yang dilakukan sebelum memasuki Hari Nyepi yang diawali dengan proses pengambilan air suci di Pantai Balekambang.

“Inti doanya adalah jauhkan kami semua dari godaan yang jelek. Selain itu, kami juga berdoa agar pandemi ini cepat berlalu,” ujarnya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *