Jelang Pilkades Bojonegoro, Cakades Marak Muncul di Media Sosial

Gedung berlantai tujuh milik Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.(Foto: Sujatmiko/Ngopibareng.id)

[ad_1]

Kabupaten Bojonegoro akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada awal Oktober 2022. Meski baru akan digelar tujuh bulan mendatang atau dari Maret ke Oktober, para calon dari pelbagai desa sudah bermunculan.

Data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro menyebutkan, jumlah yang akan menggelar pilkades yaitu 33 desa dari total 419 desa tersebar di 21 kecamatan dari 28 kecamatan seluruh Bojonegoro. Sesuai jadwal, pemilihan umum desa ini akan digelar pada 9 Oktober 2022.

Menurut Kepala Dinas PMD Mahmuddin, jika tidak ada perubahan pemilihan kepala desa serentak digelar awal Oktober 2022. “Mungkin Oktober mendatang ya,” ujarnya kepada Ngopibareng.id Minggu 13 Maret 2022.

Mahmuddin mengatakan, untuk tahapan pilkades serentak akan dimulai pada Juni mendatang. Materi sosialisasi dan persiapan perubahan regulasi serta pendaftaran calon kepala desa. “Juni, tahap sosialisasi,” tandas mantan Kabag Humas Pemkab Bojonegoro ini.

Selain dilaksanakan tahun 2022 ini, lanjut Machmudin, pilkades serentak Bojonegoro akan digelar pada tahun 2025 dan tahun 2026.

Sedangkan jumlah pilkades yang digelar tahun 2025, sebanyak 154 desa. Selanjutnya untuk tahun 2026 sebanyak 232 desa. “Tahapannya seperti itu,” tandasnya.

Sementara itu terkait digelarnya pilkades serentak di Bojonegoro, kini telah marak bermunculan calon-calon. Para calon memanfaat sejumlah media sosial juga group di WhatsApp. Lebih dari lima calon mulai kampanye dengan memunculkan profil calon.

“Wes ramai Pak. Di desa sudah umpyek (riuh) para calon,” ujar Katno, warga dari Desa Semanding Kecamatan Kota Bojonegoro Minggu 13 Maret 2022.

Dia menyebut, di desanya kemungkinan muncul minimal tiga pasangan calon untuk Pilkades Semanding.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *