Jelang Ramadan, Sejumlah Arus Jalan di Jember Berubah Besok

Sekretaris Dinas Perhubungan Jember Gatot Triyono (Foto:Istimewa)

[ad_1]

Dinas Perhubungan Kabupaten Jember Bersama Satlantas Polres Jember melakukan beberapa pengalihan arus. Hal itu dilakukan karena jalu yang ada saat ini mulai padat dan menimbulkan kemacetan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Jember Gatot Triyono mengatakan, berdasarkan hasil pantauan selama satu bulan terakhir, arus lalu lintas di Jalan Trunojoyo hingga Pasar Tanjung, Kecamatan Kaliwates mulai padat. Hal itu terjadi karena aktivitas masyarakat di masa pandemi covid-19 sudah mulai normal.

“Kami lakukan pemantauan selama satu bulan terakhir, mulai ada peningkatan jumlah kendaraan di Jalan Trunojoyo sampai Pasar Tanjung,” kata Gatot, Selasa, 29 Maret 2022.

Berdasarkan hasil kajian pada tahun-tahun sebelumnya, setiap memasuki bulan Ramadan, aktivitas lalu lintas di Kabupaten Jember meningkat. Karena itu, Dishub Jember Bersama Satlantas Polres Jember melakukan sejumlah rekayasa arus lalu lintas.

Beberapa perubahan arus yang akan diberlakukan itu di antaranya. Arus Jalan Kartini sampai Grapari Telkomsel diberlakukan satu arah dari arah Selatan.

Arus dari Jalan Gatot Subroto menuju Jalan Samanhudi sudah tidak berlaku lagi. Sementara pengendara dari Jalan Trunojoyo bisa belok kanan menuju Jalan Samanhudi. Selain itu, arus dari Jalan Trunojoyo bisa belok kanan ke arah Jalan Diponegoro.

Untuk kendaraan roda 4 dari jalan Diponegoro menuju jalan Untung Suropati dilarang untuk berbelok ke kiri. Akses jalan itu hanya untuk kendaraan roda dua. “Sementara dari Jalan A Yani dapat belok kanan ke Jalan Gatot Subroto Lurus sampai dengan simpang 4 Polres dan berbelok kanan ke arah Alun-alun,” jelas Gatot.

Kemudian, dari jalan Kartini di simpang 4 Polres dilarang belok kiri lurus ke jalan Gatot Subroto sampai ke hotel 88.

Lebih lanjut Gatot menjelaskan, pengendara dari Jalan Samanhudi menuju Jalan Untung Surapati dan Jalan Sultan Agung diperbolehkan belok kanan. “Jalan Sultan Agung dapat belok kanan ke jalan Diponegoro lurus hingga hotel *8 dan wajib belok ke kiri ke jalan Gatot Subroto,” lanjut Gatot.

Kebijakan perubahan arus lalu lintas itu mulai berlaku mulai tanggal 30 Maret 2022 pukul 07.00 WIB.

Gatot juga memastikan akan melakukan penindakan tegas terhadap kendaraan yang parkir di sepanjang Jalan Trunojoyo yang sampai memakan bahu jalan. “Kami tertibkan juga nanti termasuk anggota kami yang kurang disiplin akan ditindak tegas,” pungkas Gatot.

 



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.