Jemput Bola Vaksinasi, Petugas Datang ke Sawah hingga Pelabuhan

  • Bagikan
Petugas melakukan vaksinasi pada kelompok sasaran nelayan di wilayah pesisir Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)


Pihak kepolisian terus melakukan berbagai teroboson untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Diantaranya dengan melakukan vaksinasi door to door kepada kelompok sasaran petani dan nelayan. Tidak hanya ke rumah, Polisi bersama petugas kesehatan mendatangi warga hingga ke sawah dan pelabuhan rakyat ataupun kawasan pantai.

Vaksinasi dengan sasaran petani dan nelayan ini dilaksanakan jajaran Polsek Muncar bersama tenaga kesehatan dari Urkes (Urusan Kesehatan) Polresta Banyuwangi. Petugas memilih metode vaksinasi door to door untuk mencegah terjadinya kerumunan.

“Kita melakukan vaksinasi jemput bola tujuannya untuk menghindari kerumunan. Jadi kita blusukan datang ke rumah-rumah warga,” jelas Kapolsek Muncar, Kompol M. Zaenuri, Rabu, 4 Agustus 2021.

Dia menambahkan, tidak hanya ke rumah warga, petugas juga terjun langsung ke area persawahan untuk memberikan vaksinasi pada petani. Untuk nelayan petuga berkeliling ke Pelabuhan, tempat pelangan ikan dan kawasan pantai.

“Ketemu di sawah ya kita datang, kita juga menyasar kelompok sasaran nelayan atau siapa saja yang menghubungi kita untuk dilakukan vaksinasi kita datangi,” tegasnya.

Warga yang divaksin tetap melalui prosedur skrining sesuai aturan yang berlaku. Jika warga lolos skrining maka akan langsung dilakukan vaksinasi. Sedangkan warga yang belum lolos skrining pemberian vaksinnya di tunda.

Zaenuri menambahkan, sistem jemput bola ini juga untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada warga. Karena masih banyak warga yang masih ragu-ragu untuk melakukan vaksinasi. Warga diberikan penjelasan bahwa vaksin Covid-19 itu aman.

“Dan memang vaksin itu tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu sendiri,” tegasnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini bagian dari mendukung program pemerintah sehari sejuta vaksin. Dengan pelaksanaan vaksinasi yang masiv diharapkan bisa segera tercapai herd imunity dan pandemi Covid-19 bisa segera berlalu.

“Program ini vaksinasi ini agar masyarakat itu sehat dan terbebas dari Covid-19,” pungkasnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *