Jokowi Resmi Sodorkan Andika Perkasa Sebagai Calon Panglima TNI

  • Bagikan


SuaraKupang.com – Ketua DPR RI Puan Maharani membeberkan terkait siapa calon Panglima TNI. Disebutkan oleh Puan, nama pengganti Jenderal Hadi Tjahjanto itu adalah Jenderal TNI Andika Perkasa. Hal itu disampaikan oleh Puan sesudah menerima Surat Presiden (Surpres) tentang calon Panglima TNI baru yang diserahkan oleh Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (03/11/2021).

Presiden Joko Widoso (Jokowi) telah mengirim Surat Presiden (Surpres) tentang nama calon Panglima TNI ke DPR. Dalam Surpres tersebut Jokowi menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa sebagai nama tunggal yang diajukan.

Andika menjabat Kasad sejak November 2018. Ia menggantikan Jenderal Mulyono yang pensiun pada Januari 2019. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, pada 21 Desember 1964 ini lulus dari Akademi Militer pada 1987. Sejak lulus, dia lama berkarier di Kopassus dan diketahui juga dia adalah mantu dari Jenderal (purn) AM. Hendro Priyono.

Andika yang pernah memimpin beberapa kesatuan di TNI, antara lain Komandan Peleton Grup 2/Para Komando Kopassus (1987), Komandan Unit 3, Grup 2/Para Komando Kopassus (1987), Komandan Subtim 2, Sat Gultor 81 Kopassus (1991), Komandan Tim 3, Sat Gultor 81 Kopassus (1995), Komandan Resimen 62, Yon 21 Grup 2/Para Komando Kopassus (1997), dan Komandan Batalyon (Danyon) 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus (2002).

“Pada kesempatan ini, Mensesneg datang ke gedung DPR untuk bertemu dengan pimpinan DPR dalam rangka memberikan secara langsung Surat Presiden terkait dengan calon Panglima TNI yang pada bulan November ini akan memasuki masa pensiun,” kata Puan Maharani.

Presiden dalam suratnya mengusulkan hanya satu nama calon Panglima TNI kepada DPR RI untuk segera mendapatkan persetujuan dari pimpinan DPR.

“Karena itu, pada hari ini melalui Mensesneg, Presiden telah menyampaikan Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, MSC,” jelasnya.

Dengan demikian, kata Puan, DPR RI akan menindaklanjuti surpres mengenai usulan calon Panglima TNI yang baru setelah melalui rapat pimpinan. Kemudian akan menugaskan salah satu alat kelengkapan dewan, yaitu Komisi I untuk melakukan pembahasan, termasuk fit dan proper test terhadap calon yang diajukan oleh Presiden.

“Selanjutnya, Komisi I akan melaporkan hasil pelaksanaan fit and proper test di dalam rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan DPR RI,” tandasnya.


Photo Credit: Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. FILE/IST. PHOTO

 

Didik Fitrianto
Latest posts by Didik Fitrianto (see all)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *