Kalian Musisi yang Pengin Lagunya Viral di TikTok? Ikuti Tips dan Trik Ini

  • Bagikan


Tangkapan layar dari tiga video musisi di TikTok

Tangkapan layar via @bellapoarch, @lilnasx, @bludetiger

Akhir-akhir ini, kita kayaknya baru bisa terkenal kalau sudah viral terlebih dulu di TikTok. Buktinya, banyak musisi yang sudah lama malang melintang di panggung hiburan, baru benar-benar populer setelah lagu mereka dipakai untuk video TikTok. Musisi baru pun bisa menikmati ketenarannya karena dinotis pengguna platform tersebut.

Hasil penelitian terbaru dari MRC Data menunjukkan “75 persen pengguna TikTok menemukan seniman baru melalui TikTok”. Itu artinya jika ingin musik ciptaan kalian dikenal banyak orang, kalian harus rajin mempromosikannya di aplikasi tersebut. Tapi bagaimana caranya?

Fender berkolaborasi dengan musisi, penulis dan penyiar podcast Ari Herstand untuk menyusun buku pedoman bagi seniman yang mencari peruntungan di industri musik. Berjudul Fender Artist Playbook, pedoman gratis ini memberikan berbagai tips dari melakukan siaran langsung yang oke, membuat NFT sampai merencanakan strategi perilisan lagu.

Kami meminta Ari menjelaskan lebih detail cara terbaik menjadi musisi terkenal di TikTok.

Bagaimana caranya supaya musik kita masuk TikTok?

Sebagian besar distributor independen sudah bekerja sama dengan TikTok supaya lagu kalian bisa masuk platform. Panduan yang saya susun di Ari’s Take mengulas 17 distributor indie teratas, dan menyoroti dalam bentuk grafik mana saja yang mendistribusikan musik ke TikTok. Ada yang mengizinkan kalian memilih sendiri cuplikannya, ada juga yang tidak. Tapi, kalian masih bisa menggunakan musik sendiri dalam video TikTok (meski tidak ada di platform itu). Orang lain juga bisa menggunakan Sound kalian.

Lagu seperti apa yang disukai pengguna TikTok?

Pergerakan TikTok sangat cepat. Kalian harus aktif di sana supaya tidak ketinggalan tren terbaru. Studi telah menunjukkan lagu apa saja yang viral di TikTok beserta alasannya. Lagu-lagu dance mendominasi di awal 2020, tapi lagu “Put Your Records On” Ritt Momney juga bisa viral berkat video makeup artist yang terkenal di TikTok. Tak ada yang bisa menebak secara akurat tren yang akan muncul selanjutnya.

Dalam Fender Artist Playbook, saya menulis tentang sejumlah musisi yang sukses di TikTok (seperti Ritt Momney, Ricky Montgomery dan Blu DeTiger) dan bagaimana mereka melakukannya. Saya dan Fender punya misi membantu komunitas musik indie, jadi kami harap Playbook ini bisa membawa kalian menuju kesuksesan.

TikTok memang berperan besar dalam mendorong percakapan dan budaya seputar musik saat ini, tapi belum tentu kalian akan sukses bermusik hanya karena viral di TikTok. Kita sering melihat seniman yang menjadi artis dadakan, tapi mereka tak pernah terdengar lagi kabarnya setelah popularitas mereda. Ingatlah alasan kalian bermain musik? Apa murni demi tenar di TikTok? Saya rasa tidak. Saya menganggap kalian bermusik karena itu bagian terpenting dalam hidupmu dan kalian membutuhkannya agar tetap waras. Kesuksesan sejati adalah ketika kalian bisa menghasilkan uang dari situ. 

Haruskah kita sering-sering bikin video tantangan dan joget pakai lagu itu, atau kita hanya perlu menunggu saja?

Ini rahasia yang perlu kalian ketahui tentang TikTok. Sebagian besar lagu bisa dijadikan tantangan, tarian atau tren karena ada yang membayar lebih dari $20.000-30.000 (Rp286-429 juta) untuk “kampanye influencer”. Kalian tentu bisa mempromosikannya sendiri, dan menghabiskan waktu membangun jaringan mikro-influencer kalian sendiri jika tidak punya modal. Tapi akan lebih baik jika kalian fokus menciptakan musik yang berkualitas, alih-alih membuat gimmick sesaat.

Dua lagu Ricky Montgomery booming di TikTok pada akhir 2020, padahal dia tidak main TikTok — dan lagu-lagu itu dirilis pada 2016! Kemungkinan besar kalian akan gagal kalau ingin mengikuti orang lain. Jika kalian berinovasi dan menciptakan sesuatu yang unik, itu akan membuat kalian tampak berbeda dan dikenal banyak orang.

Apa lagi yang bisa meningkatkan peluang musik kita viral di TikTok?

Yang terpenting adalah frekuensi kalian menggunakan TikTok. Itu berarti kalian harus rajin memposting konten (misalnya beberapa kali sehari). Algoritme akan memberi imbalan jika kalian menggunakan platform. Cara terbaik adalah menjadi pengguna aktif.

Kalian bisa mengunduh Fender Artist Playbook secara cuma-cuma di sini.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *