Kapal Tenggelam, KRI Rigel Deteksi Bangkai KMP Yunicee

  • Bagikan
Barang-barang dari Kapal KMP Yunicee yang tenggelam dikumpulkan di posko yang ada di Pelabuhan Gilimanuk (foto:istimewa)


Bangkai KMP Yunicee yang tenggelam di selat Bali saat ini berada pada posisi 16,5 Km  dari Pelabuhan Gilimanuk. Kepastian posisi bangkai KMP Yunicee ini berdasarkan hasil investigasi dari KRI Rigel.

Komandan KRI Rigel-933 Letnan Kolonel Laut (P) Jaenal Mutakim mengatakan, KRI Rigel sudah melakukan pencarian lokasi bangkai kapal KMP Yunicee. Hasil pantauan ROV KRI Rigel ditemukan kerangka kapal berada di antara kedalaman 72 – 78 meter.

KRI Rigel melakukan investigasi terhadap bangkai kapal ini sebanyak dua kali. Saat pendeteksian pertama sudah terdeteksi bangkai kapal tersebut. Karena arus cukup kuat ke arah utara pada saat itu kami berbalik arah.  Untuk meyakinkan lagi dilakukan nvestigasi kedua. “Dari hasil investigasi kami yakin kerangka tersebut adalah KMP Yunicee yang tenggelam di perairan selat Bali,” jelasnya.

Lokasi bangkai kapal berada kurang lebih 1,65 km dari pelabuhan Gilimanuk . Kerangka  berada pada kedalaman 72 sampai 78 meter di dasar laut. Panjang kerangka kapal kurang lebih 55 meter, tinggi sekitar 12 meter  dan lebar sekitar 11 meter.

Saat ini, KRI Rigel masih terus melakukan upaya pencarian penumpang KMP Yunicee yang hilang. Kapal ini juga melakukan evakuasi pada barang-barang dari KMP Yunicee yang ditemukan di perairan. KRI Rigel masih terus mencari korban atau barang-barang dari KMP Yunicee yang masih bisa diselamatkan,” pungkasnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *