Kaum Lansia Berniat Haji, Sayang Arab Saudi Belum Beri Izin

Di tengah pandemi Covid-19 umrah tetap dilaksanakan dengan aturan ketat. Kini, Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi menyebut salah satu syarat yang harus dipenuhi jemaah adalah usia di bawah 65 tahun. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Keputusan Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi membuka kuota jemaah haji sebanyak 1 juta orang tahun ini, disambut hangan di Indonesia. Jemaah haji dari luar Arab Saudi juga sudah diizinkan masuk.

Pemerintah Arab Saudi menyebut salah satu syarat yang harus dipenuhi jemaah adalah usia di bawah 65 tahun. Artinya calon jemaah haji lanjut usia (lansia) belum diizinkan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Untuk batas usia ini sudah menjadi keputusan pemerintah Arab Saudi dan bertujuan untuk mempertimbangkan kondisi kesehatan,” tutur Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI ), Farid Aljawi.

“Tentunya pemerintah memperhatikan berbagai hal kesehatan yang lansia, hal ini dibuktikan dengan usia yang bisa berangkat itu maksimal usia dibawah 65 tahun dan juga harus vaksinya lengkap, sementara ini dua vaksin sudah bisa berangkat ke Arab Saudi,” kata Farid, dalam keterangan dikutip Sabtu 9 April 2022.

Pencegahan Wabah

Farid mengatakan, keputusan pemerintah Arab Saudi bisa dipahami untuk mencegah mewabahnya virus Covid-19.

“Jadi idealnya kalau usia diatas 65 tahun penyakitnya banyak (komorbid) dan pemerintah membatasi dari itu tidak membatasi jenis penyakit, tapi membatasi dari usia, secara nanti akan terfilter sendiri. Kemungkinan kalau tahun ini bisa teratasi tahun depan akan normal,” ujar Farid, dalam dialog siaran RRI.

Farid juga mengatakan, dengan dibukanya kuota jemaah haji sebanyak 1 juta orang tahun ini sudah sangat baik.

“Tentunya ini kabar baik bagi Indonesia sebesar satu juta jamaah haji, tentunya menurut perhitungan ini 50 persen dari total dari kuota haji normal, ini sudah angka yang sangat baik sekali ketimbang dari satu tahun dan dua tahun yang lalu,” kata ia.

Arab Saudi membuka kuota jemaah haji sebanyak 1 juta orang tahun ini. Jemaah haji dari luar Arab Saudi juga sudah diizinkan masuk.

“Ibadah haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan sudah menerima vaksin utama Covid-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Saudi,” tulis Kementerian Haji dan Umrah lewat akun Twitter resminya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *