Kebakaran Pasar Bajulmati, 170 Lapak & Ruko Ludes, Kerugian Rp2 M

Kondisi lapak di pasar Desa Bajulmati pasca kebakaran yang terjadi dinihari tadi. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Kebakaran melanda Pasar Bajulmati, Sabtu, 15 Januari 2022. Kejadian ini membuat seluruh lapak dan ruko yang ada di dalam pasar tradisional itu ludes. Akibat kebakaran tersebut ratusan lapak pedagang nyaris rata dengan tanah. Akibat kebakaran ini, diperkirakan kerugian material mencapai Rp2 miliar.

“Informasi yang kami terima ada sekitar 50 bangunan toko dan 100 lapak kecil di dalam pasar tersebut,” jelas Kapolsek Wongsorejo, AKP Sudarso,

Dia menjelaskan, seluruh lapak dan toko atau kios yang berada di kompleks pasar tersebut hangus terbakar. Bahkan lapak yang ada di dalam pasar seluruhnya hampir rata dengan tanah. Begitu juga bangunan toko hanya menyisikan bagian pilar-pilarnya saja.

 “Untuk ruko yang di bagian depan bagian dalamnya sudah rusak, tinggal bagian temboknya saja yang masih  utuh,” bebernya.

Akibat kejadian ini, diperkirakan kerugian material mencapai Rp2 miliar. Namun menurutnya nilai kerugian ini masih sebatas perkiraan saja. Untuk pastinya, pihaknya akan melakukan inventarisasi pada pemilik lapak dan ruko.

“Untuk kepastian jumlah kerugian kami akan mengumpulkan pemilik ruko dan lapak,” tegasnya.

Sudarso menambahkan, pihaknya sudah menempatkan personil untuk melakukan pengamanan di sekitar lokasi kejadian. Sebab, setelah api berhasil dipadamkan, banyak masyarakat atau pemilik kios yang datang TKP untuk mengambil sisa-sisa barang dagangan yang mungkin masih bisa digunakan. Selian itu tidak sedikit warga yang datang sekedar lihat lokasi kebakaran tersebut.

“Sehingga ini sangat rawan dan membahayakan bagi warga masyarakat,  makanya kami tempatkan petugas untuk mengamankan sekitar area kebakaran,” tegasnya.

Pasar Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo dilalap si jago merah pada Sabtu dinihari. Api diperkirakan berasal dari salah satu toko kain yang berada di dalam pasar tersebut. Penyebab kebakaran kemungkinan besar akibat korsleting listrik. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WIB.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.