Kenali Dua Gejala Awal Ablasio Retina

dr. Donny Wishnu Chandra, Sp.M divisi Vitreoretina RS Mata Undaan Surabaya. (Foto: Dokumentasi RSMU)

[ad_1]

Ablasio retina merupakan keadaan di mana retina bagian dalam terkelupas dari dindingnya. Hal ini diungkapkan oleh dr. Donny Wishnu Chandra, Sp.M dari Divisi Vitreoretina RS Mata Undaan Surabaya.

“Kenapa terkelupas, karena ada robekan pada retina. Dari robekan ini cairan di retina akan masuk dan menyebabkan lapisan tersebut terkelupas. Robekan ini posisinya bisa di pinggir, di tengah, atau di bawah,” ujar dr. Donny, Minggu, 6 Juni 2021.

Untuk mengetahui adanya keadaan ablasio retina pada mata, menurut dr. Donny ada beberapa gejala awal yang bisa dikenali.

1. Melihat sesuatu yang melayang

Kondisi seperti ini, ujar dr. Donny biasanya disebut floaters. Jadi dalam penglihatan seseorang seperti ada benda yang melayang-melayang. Biasanya kalau sudah ada keluhan seperti ini, orang tersebut juga akan mengeluhkan adanya kilatan.

“Pada penglihatannya seperti ada kilatan,” terangnya.

Bila keadaan ini terus terjadi, retina semakin lama akan tertarik dan akan mengelupas.

2. Lapang pandang akan menyempit

Gejala awal lainnya adalah lapang pandang yang semakin menyempit. Biasanya orang akan mengeluh kalau pada pandangannya ada seperti tirai yang menutupi. Donny juga menambahkan gejala ablasio retino tidak ada rasa nyeri atau mata merah.

“Maka dari itu bila sudah ada gejala awal diatas, harus dilakukan pemeriksaan lanjutan di RS. Karena harus mengunakan alat khusus,”imbuhnya.

Bila Anda mengalami gejala diatas, Anda bisa langsung membawanya ke RS Mata Undaan Surabaya yang terletak di Jl. Undaan Kulon 19.

Tentang RS Mata Undaan Rumah Sakit Mata Undaan adalah penyelenggara pelayanan  kesehatan yang secara khusus melayani penderita penyakit mata. Rumah Sakit ini berdiri tahun 1933 dengan nama Soerabaiache Oogheelkundige Kliniek.

Kini, Rumah Sakit Mata Undaan pun telah menjadi rumah sakit khusus menangani penyakit mata dan telah menjadi ikon Kota Surabaya.

Berlokasi di jantung kota Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan adalah sebuah Rumah Sakit Khusus Kelas B yang memiliki 4 layanan unggulan. Di antara layanan tersebut adalah lasik, vitreo retina, glaukoma, dan katarak.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.