Kenali Gejala Khas Tumor Mata Pada Anak, Seperti Mata Kucing

Dokter RS Mata Undaan Surabaya, dr. Yana Rosita saat memberikan penjelasan Retinoblastoma. (Foto: dok. RS Mata Undaan)

[ad_1]

Retinoblastoma merupakan tumor ganas bola mata yang sering terjadi pada anak-anak. Keadaan ini terjadi karena sel-sel retina mata tumbuh cepat, tidak terkendali sehingga merusak jaringan sekitarnya.

Dokter spesialis RS Mata Undaan Surabaya, dr Yana Rosita, Sp.M mengatakan, gejala retinoblasmtoma bisa dikenali orang tua sedini mungkin. “Gejala utama pada retinoblastoma ialah mata kucing, artinya mata terlihat bersinar atau mengkilat seperti mata kucing saat terkena sinar,” ujar dokter divisi Rekontruksi, Onkologi dan Okuloplasti RS Mata Undaan ini.

Selain gejala utama mata kucing, dokter Yana juga menjelaskan gejala lainnya ialah mata anak yang tiba-tiba juling, mata merah yang tak kunjung sembuh dan bila tumor sudah berukuran besar pada pupilnya akan ada bercak putih. Menurutnya, gejala-gejala ini akan muncul tergantung dari seberapa parahnya tumor. “Gejalanya juga tergantung dari dini atau lanjutnya tumor tersebut,” imbuhya.

Meski ada gejala lainnya, dokter Yana menegaskan, gejala paling paling khasnya adalah mata anak terlihat seperti mata kucing. “Kalau orang tua sudah melihat ada gejala mata anak bersinar seperti mata kucing harus segera dilakukan pemeriksaan di rumah sakit,” pungkasnya.

Tentang RS Mata Undaan

Rumah Sakit Mata Undaan adalah penyelenggara pelayanan  kesehatan yang secara khusus melayani penderita penyakit mata. Rumah Sakit ini berdiri tahun 1933 dengan nama Soerabaiache Oogheelkundige Kliniek. Kini, Rumah Sakit Mata Undaan pun telah menjadi Rumah Sakit Khusus menangani penyakit mata dan telah menjadi ikon kota Surabaya.

Berlokasi di jantung kota Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan adalah sebuah Rumah Sakit Khusus Kelas B yang memiliki 4 layanan unggulan. Diantara layanan tersebut adalah Lasik, Vitreo Retina, Glaukoma, dan Katarak.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.