Kenali Manfaat Serai Bagi Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Ilustrasi sereh alias serai. (Foto: Istimewa)


Sereh atau serai biasa dimanfaatkan sebagai rempah untuk bumbu masakan, seperti soto, rawon dll. Baunya khas menambah sedap masakan. Selain menambah cita rasa pada masakan, serai juga dapat dihidangkan menjadi minuman hangat.

Tumbuhan yang memiliki nama latin cymbopogon citratus merupakan tumbuhan dari anggota rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan tanaman obat. Bentuknya hampir mirip dengan tanaman daun bawang. Siapa sangka jika dalam daun serai juga terdapat kandungan geraniol, methylpheptenone, euganol, kadinol, dan limonen yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Ciri Tanaman Serai

Serai jika dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Lemongrass, yang tumbuh berumpun membentuk gelombang besar, dan bisa dibudidayakan di pekarangan, tegalan, dan sela-sela tumbuhan lain. Tanaman serai dibagi menjadi dua golongan yaitu, serai lemon atau serai bumbu (Cymbopogon citratus DC) dan serai wangi atau serai sitronela (Cymbopogon nardus DC). Waktu berbunganya dari Januari sampai dengan Desember.

Tanaman serai memiliki tinggi antara 50-100 sentimeter dengan panjang daun mencapai 70-80 sentimeter dan lebarnya 2-5 sentimeter, mempunyai akar berimpang pendek dan berwarna cokelat muda. Serai memiliki daun tunggal dengan bangun garis atau linear berjumbai, sedangkan tepi daunnya kasar dan tajam, tulang daunnya sejajar, serta permukaan atas dan bawahnya berambut. Daun tersebut membungkus batangnya yang tegak dan berwarna putih, jika daunnya diremas maka akan tercium bau yang khas.

Kandungan Nutrisi dalam Serai

1. Vitamin A

2. Vitamin C

3. Vitamin B9 (folat)

4. Mineral magnesium

5. Zat besi

6. Kalium

7. Fosfor

8. Kalsium

Selain itu, serai juga terkandung vitamin dan mineral, yang bersifat antibakterial menguntungkan antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

Manfaat Daun Serai

1. Membantu meredakan kecemasan

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSKCC), mencium aroma sereh bisa membantu penderita rasa cemas, dengan menghirup minyak esensial sereh, untuk meredakan stres dan kecemasan.

2. Sebagai Antioksidan

Serai mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu membersihkan radikal bebas dalam tubuh, kandungan antioksidan penting adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin, yang dapat membantu melawan penyakit dan mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

3. Menurunkan kolesterol

Batang serai dipercaya mampu membantu menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) tanpa menurunkan kadar kolesterol baik (High Density Lipoprotein). Selain itu, anti-kolesterol yang ada pada batang tanaman serai akan menghalangi penyerapan kolesterol di usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga, hal tersebut karena serai memiliki sifat anti-aterosklerosis yang bisa menghambat proses pembentukan plak darah oleh lemak sehingga resiko jantung koroner dapat diminimalisir.

4. Kandungan Antimikroba

Salah satu manfaat penggunaan daun serai ialah dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikroba yang dimilikinya, bahwa minyak esensial dari air sereh menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

5. Mencegah infeksi

Batang serai memiliki sifat antiseptik sehingga mampu membunuh jamur dan bakteri, hampir semua jenis jamur bisa diatasi, terutama jamur penyebab penyakit kulit. Caranya dengan menumbuk batang ini dan menggunakannya sebagai obat oles.

6. Memiliki sifat anti-inflamasi

Sereh mengandung senyawa pelawan peradangan asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin, yang berfungsi untuk membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu di tubuh.

7. Meningkatkan kesehatan mulut

Kandungan ekstrak herbal serai adalah salah satu penghambat pertumbuhan bakteri yang paling kuat dalam sampel laboratorium, yakni salah satu bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang di mulut, termasuk Streptococcus sanguinis.

8. Menangkal penyakit

Senyawa antioksidan pada ramuan serai dapat memberikan manfaat salah satunya berupa perlindungan dari radikal bebas, membantu dalam menjaga kadar kolesterol tetap seimbang, serta meningkatkan kekebalan tubuh, serta membantu menjauhkan tubuh dari risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas.

9. Detoksifikasi

Manfaat lain konsumsi serai yaitu dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, atau detoksifikasi dengan menggunakan tanaman serai yang dapat membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal.

10. Mengobati insomnia

Daun serai juga memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur, sehingga dapat membantu mengurangi insomnia.

11. Mengobati ISK dan penyakit kulit

Serai juga dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati penyakit kulit karena infeksi seperti kurap, luka, kudis, dan juga infeksi saluran kencing (ISK) karena mengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh.

Obat herbal alami dari batang serai yang berguna bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)

Manfaat Herbal Daun Serai

1. Rematik 

Rematik merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Salah satu gejala rematik adalah nyeri di daerah persendian, dalam serai terdapat kandungan minyak atsiri yang bersifat analgesik atau membantu meredakan nyeri, sehingga efektif dalam meredakan rematik.

 2. Batuk 

Serai juga efektif mengobati batuk, caranya cukup mudah, yakni rebus 600 gram serai dengan air secukupnya sampai mendidih.  Setelah dingin, serai bisa diminum. 

3. Melancarkan Haid

Serai dipercaya mampu melancarkan haid, dengan cara  merebus 15 gram sereh, 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, 25 gram kencur, 25 gram temu ireng, 25 gram bangle dengan 500 ml air, setelah matang, saring dan minum selagi hangat.

4. Sakit gigi dan nyeri otot 

Sifat analgesik atau meredakan nyeri dalam serai juga memiliki banyak manfaat, salah satunya efektif dalam membantu meredakan sakit gigi dan nyeri otot. 

5. Melemaskan otot 

Serai tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai obat herbal, yang bisa digunakan sebagai obat luar, minyak serai juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh serta melemaskan otot. 

6. Menjaga sistem pencernaan 

Serai juga mengandung minyak sitronela yang bisa membunuh bakteri jahat dan patogen dalam sistem pencernaan.  Selain itu, sitronela juga berperan untuk mencegah peradangan pada dinding lambung dan usus. 

7. Menjaga kesehatan tulang 

Serai mengandung kalsium sebanyak 65 gram, yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang sehingga mencegah terjadinya osteoporisis.  Tidak hanya itu, magnesium dalam serai juga membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. 

8. Flu dan hidung tersumbat

Sereh memiliki aroma yang khas dan bersifat menghangatkan. Hal tersebut bermanfaat meredakan hidung tersumbat serta mengencerkan lendir dalam hidung. Antioksidan dalam sereh mampu membunuh bakteri penyebab flu dan hidung tersumbat.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

 Selain mengandung minyak atsiri, serai juga mengandung vitamin B2 yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh. 

Konsumsi Serai Secukupnya

Meski konsumsi serai memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, namun hal yang paling penting adalah memperhatikan jumlah asupannya, karena akan menimbulkan efek samping seperti dapat menyebabkan pusing, rasa mengantuk, mulut kering, sering buang air kecil, dan peningkatan nafsu makan.

Selain itu, ibu hamil dan orang yang menjalani kemoterapi juga harus menghindari konsumsi serai, sebab, konsumsi serai berlebihan dapat menimbulkan risiko cacat lahir pada bayi. Sementara pada pasien kemoterapi, efek sereh bisa mengganggu kerja obat.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *