Kerangka Manusia Ditemukan di Hutan dekat Gunung Ijen Banyuwangi

  • Bagikan
Kerangka manusia yang ditemukan di tengah hutan dekat gunung Ijen kini disemayamkan di kamar Mayat RSUD Blambangan (foto: istimewa)


Kerangka manusia ditemukan di tengah hutan tak jauh dari Gunung Ijen. Kerangka ini ditemukan Tim Pemasangan Tapal Batas Kawasan Cagar Alam dan Hutan Lindung Perhutani Wilayah Banyuwangi Barat.

Kerangka tersebut berhasil dievakuasi Minggu, 5 September 2021. Proses evakuasi memakan waktu sekitar 5 hari karena lokasi cukup jauh di tengah hutan dan Medan yang sulit melewati jurang dan bukit.

Kapolsek Licin Iptu Dalyono menyatakan, tim yang mengevakuasi kerangka tiba di titik penjemputan sekitar 22.30 Minggu malam. Begitu tiba, kerangka tersebut langsung dibawa ke kamar mayat RSUD Blambangan untuk dilakukan identifikasi. “Tadi malam kami sudah berhasil mengevakuasi kerangka tersebut,” ujarnya, Senin 6 Agustus 2021.

Informasi yang berhasil dihimpun Ngopibareng.id, kerangka tersebut ditemukan pada Senin, 30 Agustus 2021. Dan dilaporkan pada Selasa, 31 Agustus 2021. Saat ditemukan, jenazah dalam posisi seperti orang tidur berselimut sarung. Korban diduga sudah lama meninggal. Karena kondisi jenazah sudah menjadi kerangka.

Dalyono menjelaskan, operasi SAR untuk mengevakuasi kerangka tersebut dilakukan dua kali. Pertama dilakukan Rabu, 1 September 2021 lalu. Setelah 3 hari melakukan pencarian di dalam hutan, tim evakuasi gagal menemukan lokasi jenazah, dan pulang tanpa hasil.

Tim kemudian kembali melakukan pencarian pada Jumat, 3 September 2021. “Alhamdulillah, pencarian kedua berhasil menemukan titik lokasi kerangka tersebut,” jelasnya.

Setelah berhasil menemukan kerangka manusia tersebut, tim evakuasi tidak kembali melalui jalur semula. Sebab jalur tersebut harus melalui perbukitan dan jurang. Tim memilih jalur lain yang relatif lebih mudah namun jaraknya lebih jauh.

“Karena medannya cukup ekstrem, akhirnya kami ambil jalur memutar, menuju Dusun Plampang, Desa Bulusari, Kecamatan Kalipuro,” ujarnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *