Kira-Kira Ini yang Terjadi Kalau Tantangan ‘Squid Game’ Setting-nya di Indonesia

  • Bagikan


VICE membayangkan permainan Tumbang Preso dari Filipina dalam adegan “Squid Game”

VICE membayangkan permainan Tumbang Preso dari Filipina dalam adegan “Squid Game”. Kolase: VICE / Foto milik Netflix.

Netflix baru saja merilis drama Korea Squid Game yang sontak menjadi perbincangan hangat di jagat maya. Serial sepanjang sembilan episode mempertontonkan sengitnya pertarungan orang dewasa memperebutkan hadiah tunai senilai miliaran won.

Perlombaan tersebut melibatkan permainan anak kecil, seperti tarik tambang dan lampu merah, lampu hijau yang populer di Korea Selatan. Kedengarannya gampil, tapi ada akhir yang tragis bagi peserta yang melakukan kesalahan.

Squid Game menempati posisi pertama dalam peringkat Netflix seluruh dunia. Drama yang mengangkat tema bertahan hidup tampaknya akan menjadi tontonan berbahasa asing paling populer di layanan streaming film, menurut co-CEO Netflix Ted Sarandos pada Code Conference yang digelar awal pekan ini.

Squid Game Netflix

Foto: YOUNGKYU PARK, milik Netflix

Drakor ini sarat akan isu-isu yang memicu diskusi yang lebih luas, contoh paling nyata adalah kesenjangan ekonomi. Namun, konsep permainan anak-anak yang dikemas dengan cerdas menjadikan Squid Game tontonan yang menghibur.

Sudah banyak penonton yang mencoba sendiri tantangannya untuk konten TikTok, beberapa dengan sentuhan lokal.

Kami pun penasaran, apa yang akan terjadi jika Squid Game diadakan di negara selain Korsel? Permainan apa saja yang dilombakan? Berikut pendapat para pembaca VICE:

Indonesia

Panjat Pinang 

Permainan yang hampir tidak pernah absen dari perayaan 17-an ini membutuhkan kekompakan dan kerja sama tim yang baik.

Peserta panjat pinang saling bahu-membahu untuk mencapai puncak tiang yang licin. Mereka harus menahan beban kawan-kawannya yang berusaha mengambil hadiah yang tergantung di bagian paling atas.

Panjat pinang biasanya diadakan di lapangan luas yang tanahnya tidak keras, sehingga tidak membahayakan peserta ketika jatuh. Namun, jika permainan ini dilombakan dalam Squid Game, panitia kayaknya tidak perlu peduli sama sekali dengan keselamatan peserta. Bikin aja tiangnya setinggi mungkin, sehingga kalau ada yang jatuh mereka otomatis bablas.

Malaysia

Galah Panjang

Permainan galah panjang dibagi menjadi dua kelompok. Pemain yang menjaga garis horizontal sebisa mungkin menghalangi orang lain agar tidak melewati garis, sedangkan orang yang berlari harus bisa menghindari tangkapan penjaga.

Orang yang kena sentuh penjaga dianggap “mati” dan tidak bisa mengikuti permainan selanjutnya. Dalam Squid Game, mereka akan mati beneran.

Squid Game Netflix

Foto: YOUNGKYU PARK, milik Netflix

India

Kabaddi 

Kabaddi berasal dari kata “kai-pidi” dalam bahasa Tamil, yang secara harfiah berarti “mari berpegangan tangan”. Permainan ini diperkirakan sudah ada dari zaman prasejarah, dan populer di berbagai negara Asia Selatan.

Olahraga ini bagaikan kombinasi antara gulat, rugbi dan permainan tag. Kabaddi dimainkan oleh dua kelompok yang berjaga di wilayahnya masing-masing. Peserta akan mencetak poin jika mereka berhasil melewati garis tengah dan menyentuh pemain lawan sebanyak mungkin. Mereka harus melakukannya sambil berteriak “kabaddi, kabaddi, kabaddi” sebelum berlari kembali ke sisi tim. Dalam Squid Game, sisi aman ini takkan bertahan lama. Mereka yang tak mampu meneriakkan “kabaddi” akan kehabisan napas untuk selama-lamanya.

Jallikattu

Dalam olahraga kontroversial ini, peserta wajib mengendalikan atau menaklukkan banteng yang mengamuk. Adu banteng sangat cocok buat Squid Game karena panitia tidak perlu repot-repot membunuh peserta lomba. Di dunia nyata, jallikattu telah memakan banyak korban.

Philippines

Kadang-kadang

Permainan kadang-kadang mirip permainan egrang di Indonesia. Ini sebenarnya lomba lari, tapi peserta wajib berjalan di atas galah sampai garis akhir. Mereka harus menjaga keseimbangan supaya bisa tetap berdiri.

Penonton biasanya akan menertawakan peserta yang terjatuh, tapi dalam Squid Games, kalian takkan bisa tertawa lepas seperti itu.

Tumbang Preso

Permainan anak-anak satu ini melibatkan kaleng atau botol dan sandal jepit.

Seseorang akan menjaga botol kosong itu, sementara pemain lain melemparinya dengan sandal dari belakang garis yang sudah ditandai. Siapa pun yang berhasil menjatuhkan botol atau kalengnya akan keluar sebagai pemenang.

Pemain harus melewati garis dan menghindari sasaran penjaga apabila ingin mengambil sandal. Kalau kena pukul, mereka akan menggantikan posisi penjaga. Seorang pembaca VICE membayangkan versi yang lebih menantang dalam Squid Game. “Kamu mati kalau sandalnya tidak kena kaleng.”

Follow Romano Santos di Instagram.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *