Konsumsi Nangka Ternyata Baik Bagi Ibu Hamil, Ini Manfaat Lainnya

Ilustrasi buah nangka, ternyata baik dikonsumsi ibu hamil tapi jangan boleh tertalu banyak. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Buah nangka bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi beberapa makanan. Seperti jadi campuran es, keripik, campuran bubur manis, dan masih banyak lagi. Selain dimakan, ada mitos yang mengatakan jika nangka tidak baik bagi ibu hamil. Hal tersebut katanya dapat membuat janin keguguran, meski begitu sebenarnya makan nangka diperbolehkan bagi ibu hamil asal tidak berlebihan.

Berikut manfaat buah nangka dan efek sampingnya bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebih yang diulas oleh Ngopibareng.id.

Morfologi Nangka

Ilustrasi morfologi nangka dan kandungan baik di dalamnya. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi morfologi nangka dan kandungan baik di dalamnya. (Foto: Istimewa)

Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.

Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batangnya bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Memiliki daun tunggal, tersebar, bertangkai 1-4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5-25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing.

Daun penumpunya bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin. Nangka memiliki banyak jenis, baik dengan melihat perawakan pohon dan bagian-bagian tanamannya, rasa dan sifat buahnya. Jika dilihat dari segi sifat-sifat buahnya, berikut dua kelompok besar nangka yang umum dikenal:

– nangka bubur (Indonesia dan Malaysia), yang disebut pula sebagai langka (Filipina), khanun lamoud (Thailand), vela (Srilangka) atau koozha chakka (India selatan); dengan daging buah tipis, berserat, lunak dan membubur, rasanya asam manis, dan berbau harum tajam.

– nangka salak (Indonesia), nangka belulang (Malaysia), khanun nang (Thailand), varaka (Srilangka), atau koozha pusham (India selatan); dengan daging buah tebal, keras, mengeripik, rasa manis agak pahit, dan tak begitu harum.

Nangka juga dapat dikawin silang dengan cempedak secara alami. Hasil silangannya dinamai nangka cempedak.

Kandungan Gizi dalam Nangka

Dalam 100 gram buah nangka, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

• Air: 70 gram

• Energi: 106 kalori

• Protein: 1.2 gram

• Lemak: 0.3 gram

• Karbohidrat: 27.6 gram

• Serat: 3.7 gram

• Kalsium: 20 miligram (mg)

• Fosfor: 19 mg

• Zat besi: 0.9 mg

• Natrium: 2 mg

• Kalium: 407 mg

• Tembaga: 246.58 mg

• Seng: 1.4 mg

• Beta-karoten: 149 mikrogram (mcg)

• Karoten total: 330 mcg

• Thiamin (vitamin B1): 0.07 mg

• Riboflavin (vitamin B2): 0.10 mg

• Niasin: 1 mg

• Vitamin C: 7 mg

Mitos Konsumsi Nangka bagi Ibu Hamil

Mitos yang beredar di masyarakat mengatakan bahwa makan nangka dapat menyebabkan keguguran. Namun sampai saat ini tidak ditemukan zat dalam buah tersebut yang dapat membahayakan kehamilan dan janin.

Selain buahnya, mungkin beberapa orang juga suka memasak biji nangka untuk dikonsumsi. Ini juga aman untuk ibu hamil. Sebuah studi pada Journal of Pharmaceutical Sciences and Research membuktikan bahwa biji nangka tidak mengandung racun.

Meski begitu, sebaiknya tidak mengonsumsi buah nangka secara berlebihan. Prinsipnya, segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh.

Ilustrasi manfaat konsumsi nangka bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi manfaat konsumsi nangka bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)

Manfaat Konsumsi Buah Nangka

Berkat kandungan nutrisi baik dalam buah nangka, mengonsumsinya pun juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

1. Penyembuh kanker

Manfaat buah nangka yang pertama adalah untuk membantu menyembuhkan kanker. Karena kaya dengan anti-oksidan dan fitonutrien, ditambah kandungan Vitamin C, nangka dapat menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker lambung, kanker kulit dan kanker prostat. Sifat-sifat ini mengobati kerusakan sel dan mengembangkan resistensi.

2. Membantu turunkan berat badan

Manfaat buah nangka yang kedua yakni untuk membantu menurunkan berat badan. Karena tingkat obesitas sedang meningkat, nangka dapat membantu menurunkan berat badan karena bebas lemak dan rendah kalori, sehingga memungkinkan para pelaku diet untuk mengonsumsinya dengan aman dan nyaman. Selain itu, mereka juga akan mendapat banyak manfaat dari berbagai nutrisi di dalam nangka.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah nangka yang ketiga yaitu untuk bantu turunkan tekanan darah. Dengan jumlah potasium yang tinggi, nangka dapat mengurangi dan mengontrol tekanan darah sehingga mampu menurunkan risiko kemungkinan serangan jantung, stroke, dan gangguan kardio secara umum.

4. Memperbaiki pencernaan

Manfaat buah nangka yang keempat adalah untuk memperbaiki kesehatan pencernaan. Nangka berkontribusi dalam meningkatkan sistem pencernaan ketika memakannya secara teratur karena kandungan seratnya yang tinggi (3,6 g untuk setiap 100 g).

Buah ini juga tidak menyebabkan sakit perut bahkan jika dimakan dalam jumlah besar dan bahkan membantu meningkatkan pergerakan usus. Ini juga melindungi usus besar dengan menghilangkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

5. Mengobati insomnia

Gangguan tidur dapat disembuhkan dengan mengonsumsi nangka, karena buah ini kaya dengan magnesium dan zat besi yang membantu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Magnesium juga membantu mencegah anemia yang merupakan salah satu penyebab utama insomnia.

6. Mengontrol penyakit diabetes

Meskipun rasanya sangat manis, nangka aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena secara perlahan menyerap gula ke dalam aliran darah. Ini memungkinkan pasien diabetes untuk mengonsumsinya sekaligus mendapatkan semua manfaat kesehatannya. Ini juga meningkatkan toleransi glukosa untuk kedua jenis diabetes.

7. Merawat mata dan kulit

Dengan kekayaan vitamin A, nangka baik untuk menjaga kesehatan penglihatan karena meningkatkan penglihatan mata dan bertindak sebagai pencegah katarak dan degenerasi makula. Buah ini juga dianggap sebagai komponen anti-penuaan aktif untuk pancaran kulit. Nangka akan mencegah kulit rusak yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan mengobati kerutan.

8. Membantu menyembuhkan maag

Makan nangka adalah cara terbaik untuk mengobati gangguan maag karena mengandung sifat anti-ulseratif, antiseptik, anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

9. Bantu memperkuat tulang

Jika ingin mendapatkan suplemen kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, makan buah nangka sangat dianjurkan. Selain kalsium, kandungan vitamin C dan magnesium yang ada di dalamnya juga akan membantu penyerapan kalsium.

10. Memperkuat sistem saraf

Kelelahan, stres dan kelemahan otot juga dapat diobati dengan mengonsumsi nangka karena kandungan vitaminnya yang kaya seperti tiamin dan niasin (Porsi 100 g daging nangka menyediakan 4 mg niasin). Ini juga merupakan sumber energi yang sempurna.

Ilustrasi manfaat konsumsi nangka bagi ibu hamil. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi manfaat konsumsi nangka bagi ibu hamil. (Foto: Istimewa)

Manfaat Konsumsi Buah Nangka bagi Ibu Hamil

Di sisi lain, ternyata buah nangka untuk ibu hamil menawarkan sejumlah manfaat antara lain sebagai berikut.

1. Mengontrol gula darah

Nangka merupakan makanan anti-diabetik, yaitu makanan yang memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah sehingga dapat mencegah agar gula darah tidak melonjak.

Selain IG yang rendah, buah nangka juga mengandung flavonoid. Menurut jurnal Nutrition and Metabolism, flavonoid pada makanan juga dapat membantu menjaga kadar gula darah.

2. Memberikan energi untuk ibu hamil

Ibu yang sedang hamil membutuhkan energi yang lebih banyak daripada biasanya. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi.

Salah satu buah yang memiliki kalori tinggi adalah buah nangka. Dengan mengonsumsi nangka maka ibu hamil akan selalu fit dan berenergi.

3. Mencegah sembelit

Sembelit atau susah buang air besar adalah masalah yang banyak dikeluhkan oleh ibu hamil. Hal ini karena perubahan hormonal yang mempengaruhi pergerakan usus ibu.

Jadi makan nangka saat hamil ternyata dapat mengatasi masalah ini. Pasalnya, buah-buahan yang kaya serat seperti nangka sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Sebagian ibu hamil mengalami kenaikan tekanan yang dapat berisiko sebabkan komplikasi kehamilan dan membahayakan nyawa. Mengonsumsi makanan kaya kalium, seperti nangka dapat membantu mencegah hal ini.

5. Mencegah anemia

Manfaat buah nangka untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah anemia, karena buah tersebut banyak mengandung folat dan zat besi yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Selain mencegah anemia saat hamil, hemoglobin darah juga dapat membantu perkembangan janin.

6. Menjaga kesehatan tulang ibu dan janin

Ibu hamil perlu mengonsumsi kalsium dan magnesium yang lebih banyak untuk membantu perkembangan tulang janin dan mencegah ibu dari penyakit osteoporosis.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Saat hamil, ibu akan mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga lebih mudah terserang penyakit. Untuk itu, perlu mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin seperti buah nangka.

Menurut penelitian dari College of Agricultural Engineering and Technology, India, kandungan vitamin A, B, dan C pada buah nangka efektif untuk menjaga daya tahan tubuh.

Efek Samping Konsumsi Nangka

Meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata konsumsi nangka juga memicu efek samping, di antaranya:

1. Alergi Nangka cukup tinggi apabila terdapat Birch Pollen ataupun Alergi Lateks. Mungkin hal ini karena adanya keasaman alergen, lateks alam serta serbuk sari.

2. Nangka juga memiliki dampak negatif terhadap transplantasi jaringan maupun terapi imunosupresi. Dikarenakan, lektin yang di ekstrak dari bijinya bisa merangsang ke sistem kekebalan tubuh.

3. Selain itu, nangka juga bisa mempengaruhi pembekuan dari darah. Jadi, Anda harus berhati-hati dengan orang yang berkelainan dengan darah.

4. Mampu memberikan energi yang baik untuk tubuh manusia. Hal ini dikarenakan, nangka mengandung berbagai jenis kandungan gizi, seperti Vitamin A, B, C.

5. Nangka juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang terkena penyakit jantung. Pasalnya, pada nangka ini terdiri atas serat makanan dan antioksidan yang akan menjaga jantung Anda.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *