Kontes Fotografi Drone Tampilkan Sisi Dunia yang Lazimnya Tak bisa Dilihat Manusia

  • Bagikan



Manusia sejak lama mengimpikan bisa terbang. Kita ingin tahu apa yang disaksikan burung dari ketinggian. Teknologi akhirnya memungkinkan impian itu tercapai pelan-pelan. Seteah drone alias pesawat tanpa awak yang bisa dipasangi kamera harganya mulai terjangkau, ongkos membuat foto macam ini bertambah murah.

Dua dekade lalu, foto udara butuh menyewa helikopter, yang biayanya cuma bisa ditanggung perusahaan besar. Mayoritas fotografer amatir jelas tidak berani berharap punya kesempatan bikin aerial photo.

Seiring makin lazimnya drone dipakai dalam produksi karya fotografi, wajar bila akhirnya muncul kompetisi khusus fotografi udara. Salah satu inisiatif itu sejak lima tahun terakhir muncul dari panitia Festival Seni Visual Siena di Italia. Mereka menggelar kompetisi rutin untuk kategori foto drone terbaik. Panitia menilai, foto-foto drone harus bisa menciptakan sudut pandang yang selama ini nyaris tak mungkin disaksikan langsung mata manusia.

Ribuan fotografer di 104 negara, terlibat dalam kompetisi foto drone ini. Tidak semuanya memakai pesawat tanpa awak. Ada peserta yang masih pakai teknik klasik, yakni menyewa helikopter, naik balon udara, atau memotret sembari terjun payung. Namun, pada dasarnya, hasil karya mereka sama-sama menawan.

Deretan foto pemenang kontes tahun ini, yang mengalahkan 14 ribu karya lainya, akan muncul di pameran bertajuk “Above Us Only”, yang digelar di Italia selama 23 Oktober 2021 hingga 5 Desember 2021.

Juara utama untuk kategori umum yang dipilih juri, adalah foto ribuan angsa merah jambu menghiasi angkasa dalam siang bersalju, karya fotografer Terje Kolaas asal Norwegia.

Seperti lazimnya kompetisi foto, ada pembedaan kategori seperti foto urban, olahraga, alam, hingga potret manusia. Mayoritas pemenang menampilkan pemandangan lanskap yang tak biasa berkat bantuan lensa makro, seperti gereja tua di Rusia yang dikerubungi pembangkit listrik, atau dua sejoli bersantai di atas lapisan es.

Foto-foto para pemenang ini menginspirasi siapapun yang tertarik pada fotografi, mengenai pentingnya perspektif dalam komposisi gambar. Sebab, dengan sudut pandang yang unik, kita menemukan cara baru untuk melihat dunia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *