Kota Malang Target Vaksinasi Anak di Bawah 12 Tahun pada 2022

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Mu'arif saat berada di Balaikota Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)


Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menargetkan memulai vaksinasi anak di bawah usia 12 tahun dimulai pada 2022 mendatang. Sebab saat ini siswa Sekolah Dasar (SD) mulai kelas satu hingga kelas lima sedang menjalani Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

“Perkiraan dimulai vaksinasi anak usia di bawah usia 12 kemungkinan tahun depanlah, setelah BIAS selesai. BIAS ini kan sekitar Februari 2022 ini selesainya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Mu’arif pada Jumat, 26 November 2021.

Namun lanjut Husnul, pendataan jumlah sasaran vaksinasi anak di bawah usia 12 tahun tersebut saat ini sudah berjalan. Pendataan sendiri dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang.

“Jadi Disdikbud menyampaikan format persetujuan vaksinasi Covid-19 untuk anak didiknya. Format itu akan dikumpulkan, yang setuju itu yang menjadi sasaran kami untuk vaksin,” katanya.

Husnul mengatakan, vaksinasi untuk anak usia 12 tahun ke bawah tersebut harus mendapatkan persetujuan dari orang tua bersangkutan. Ia juga menyebutkan bahwa kategori usia yang menjadi sasaran vaksinasi yakni antara enam hingga 11 tahun.

“Untuk vaksin anak ini harus ada persetujuan dari orang tua. Harapannya kalau bisa akhir tahun ini sasaran vaksinasi anak usia 12 tahun ke bawah kami sudah tahu jumlahnya,” ujarnya.

Sementara untuk jenis vaksinnya, kata Husnul, masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

“Untuk ketersediaan vaksin pemerintah menjamin. Tapi untuk dropping vaksin masih belum dilakukan,” katanya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *