Lagi, Survei Tunjukan Elektabilitas Ganjar Naik dan Menguat

  • Bagikan



SuaraKupang.com – Hasil survei dari Polmatrix Indonesia menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, yang juga adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai calon presiden (capres) 2024 menguat, yakni sebesar 20,1%.

“Dukungan publik terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres 2024 makin menguat,” kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto melalui keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (13/08/2021).

Berbanding terbalik dengan Ganjar, Ketua DPR Puan Maharani yang juga sama sebagai kader PDIP hanya memperoleh elektabilitas sebesar 1,3%. Demikian juga dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memperoleh 1,1%.

“Elektabilitas Ganjar unggul, sementara Puan dan Airlangga yang banyak memasang baliho justru masih berkisar 1,1% hingga 1,3%,” jelasnya.

Sedangkan pemasangan baliho yang masif, menurutnya tidak berdampak signifikan pada perolehan elektabilitas capres. Sebaliknya, Ganjar sudah lama mengandalkan komunikasi melalui media sosial dengan menonjolkan kinerjanya sebagai kepala daerah untuk dua periode.

Menurut penilaiannya, Puan tampaknya sulit meniru hal serupa mengingat citra DPR di mata publik tidak begitu memuaskan. Kritik yang dilontarkan Puan terhadap pemerintahan Jokowi bisa dilihat sebagai upaya menaikkan elektabilitas, tetapi berisiko terhadap PDIP sebagai partai berkuasa.

Dendik mengatakan, begitu juga dengan Airlangga sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), rakyat tengah merasakan kesulitan berusaha dampak penerapan PPKM dan perpanjangannya.

Lebih lengkap, hasil survei yang dilakukan oleh Polmatrix ialah Ganjar Pranowo 20,1%, posisi kedua ditempati oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 16,8%. Selanjutnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 10,6%, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 9,4% dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno 7,1%.

Kemudian, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memperoleh elektabilitas 4,5%, Menteri Sosial Tri Rismaharini 4,2%, Menteri BUMN Erick Thohir 3,9%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,8% dan Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PSI Giring Ganesha sebesar 2,4%.

Adapun nama-nama lainnya, menurutnya masih di bawah angka 1% dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 12,8%.

“Para tokoh tersebut harus mencari strategi yang tepat untuk memperbesar dukungan publik, agar bisa memenangkan tiket pencalonan oleh koalisi partai politik,” bebernya.

Survei Polmatrix Indonesia dilakukan pada 25 Juli hingga 5 Agustus 2021 kepada 2.000 responden yang mewakili 34 provinsi melalui sambungan telepon yang dipilih secara acak.

Untuk margin of error survei sekitar 2,2% dengan tingkat kepercayaan 95%.


Photo Credit: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FILE/IG @ganjar_pranowo

 

A. Chandra S.
Latest posts by A. Chandra S. (see all)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *