Lapas 1 Sidoarjo Vaksinasi 1.000 orang, Kejar Kekebalan Komunal

  • Bagikan
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)


Lapas atau rutan di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim mengejar target 100 persen vaksinasi Covid-19 seluruh warga binaannya. Terbaru, Lapas I Sidoarjo berkolaborasi dengan Polresta setempat untuk menyuntikkan 1.000 dosis vaksin. Hal ini menjadikan Lapas Sidoarjo sebagai salah satu yang telah menuntaskan target vaksinasi.

Penyuntikan 1.000 dosis vaksin jenis sinovac itu dimulai hari ini, Rabu 29 September 2021. Kalapas Sidoarjo Teguh Pamuji menjelaskan bahwa saat ini ada 1.150 warga binaan di Laps Sidoarjo.

“Kami mengalami overkapasitas sekitar 300 persen,” ujar Teguh.

Kondisi ini membuat pihaknya sulit menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Sehingga, mau tidak mau, pihaknya harus menuntaskan vaksinasi. “Kami memang ditarget Kakanwil Kemenkumham Jatim, bapak Krismono, agar vaksinasi bisa 100 persen,” ujarnya.

Teguh menjelaskan bahwa sebelumnya pihaknya sudah menjalankan vaksinasi. Hanya saja memang relatif lambat karena menggunakan jenis astra zeneca yang memiliki efek samping berupa demam.

“Sebelumnya ketika memakai vaksin astra zaneca, seminggu maksimal hanya 100 orang saja yang divaksin,” urainya.

Sebelumnya, sudah ada 600 warga binaan yang divaksin. Sehingga sisa 550 orang saja yang belum. Sehingga, ketika mendapatkan dropping vaksin 1.000 dosis, maka sisanya dibuka untuk masyarakat umum.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono menyebutkan bahwa Lapas Sidoarjo menjadi UPT yang paling cepat menuntaskan vaksinasi. Bahkan, yang pertama mencapai 100 persen. “Tentu kolaborasi ini sangat bagus, semoga bisa dicontoh lapas atau rutan lainnya,” tutupnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *