Layanan 5G Telkomsel Indonesia, Ini Lokasi Prioritas 5G Telkomsel

Jaringan 5G dari Telkomsel akan segera melayani konsumen di Indonesia. Sejumlah kota jadi prioritas layanan pertama. (Foto: unsplash.com)

[ad_1]

Telkomsel akan menjadi provider pertama di Indonesia yang menyediakan layanan jaringan 5G. Meski belum diketahui kapan tepatnya, Telkomsel telah memprioritaskan sejumlah daerah yang akan terpapar layanan 5G pertama kali.

Lokasi 5G Telkomsel di Indonesia

Kepastian itu muncul setelah Telkomsel menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dengan diterbitkannya SKLO tersebut, Telkomsel yang pertama gelar 5G di Indonesia.

Wilayah hunian di kawasan Jabodetabek akan menjadi yang pertama mendapatkan layanan 5G dari provider milik negera ini.

Wilayah tersebut antara lain di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain di Jabodetabek, terdapat sembilan lokasi di delapan lain yang akan mendapatkan layanana 5G. Di antaranya, Medan, Batam, Bandung (dua lokasi di Telkom University dan ITB), Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar, dilansir dari detik.com.

Kebutuhan 5G Mendesak di Indonesia

Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Muhammad Ridwan Effendi mengatakan 5G semakin dibutuhkan, terutama ketika tuntutan bekerja dari rumah meningkat.

“Untuk pelanggan perorangan juga karena permintaan broadband untuk aplikasi video meeting untuk sekolah dan work from home sudah cukup besar permintaannya,” kata Ridwan.

Menurutnya jaringan 4G kini memiliki keterbatasan dan sejumlah fungsi tak bisa lagi berjalan menggunakan jaringan ini. Untuk aplikasi dengan cricital delay kecil, seperti untuk telemedicine dan interactive game dan massive IoT sudah tidak bisa lagi,” imbuhnya. (dtk)



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.