Makanan Penghilang Stres karena Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Ilustrasi makanan yang bisa dikonsumsi selama pandemi Covid-19 agar tidak stres. (Foto: Istimewa)


Stres mungkin sudah jadi bagian dari hidup. Jika dibiarkan berkepanjangan, stres bisa mengganggu fungsi pencernaan, imun, hingga sistem syaraf. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya lewat makanan.

Makanan yang dianggap efektif menurunkan stres adalah dark chocolate alias cokelat hitam yang kaya akan antioksidan. Namun, selain cokelat ternyata ada banyak makanan yang bisa membantu kita meredakan stres.

Ketika kita stres, tubuh sebetulnya cenderung menginginkan nutrisi-nutrisi tertentu, seperti vitamin B, vitamin C, magnesium, dan selenium. Jumlah nutrisi yang dikonsumsi juga bisa berdampak besar pada sirkuit syaraf tubuh yang mengontrol motivasi, emosi dan suasana hati apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Benarkah Makan bisa Menghilangkan Stres?

Ketika seseorang sedang dalam masa stres biasanya memiliki keinginan unutk makan akan meningkat, dan beberapa orang juga percaya bahwa makan bisa membantu menurunkan stres dan lebih tenang.

Kebanyakan orang akan menjadikan makanan sebagai pelarian agar bisa melupakan masalah dan rasa stres, hal itu akhirnya menjadikan makanan sebagai pilihan, saat stres biasanya orang juga memiliki standar makanan “penghibur”, tak jarang pula ada yang memilih makanan dengan kategori tak sehat, seperti makanan tinggi kalori, lemak, dan juga mengandung banyak gula. Hal itu terjadi karena otak orang yang sedang mengalami stres meminta energi lebih ketika merasa tertekan.

Saat merasa tertekan otak akan melepas hormon kortisol, dan hormon itulah yang akan memeicu seseorang untuk terus memasukkan makanan ke dalam mulut, apalagi jika jenis makanan tersebut dinilai enak, maka akan benar-benar ampuh untuk mengalihkan perhatian sementara dari rasa stres dan tertekan.

Namun mengonsumsi banyak makanan nantinya akan menimbulkan penyesalan. Karena tubuh justru menimbun lemak. Selain itu, makanan yang tidak sehat juga bisa memicu sejumlah penyakit berbahaya. Sehingga, makanan untuk menghilangkan rasa stres harus dipilih kandungan gizinya dengan tepat.

Ilustrasi berbagai jenis makanan yang kaya kandungan gizi untuk membantu menghilangkan stres. (Foto: Istimewa)

Makanan Alami Membantu Redakan Stres dan Menenangkan Suasana Hati

1. Alpukat

Alpukat memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat stres karena tinggi asam lemak omega 3, Vitamin E, Vitamin A, dan nutrisi penting lainnya. Asam lemak omega 3 bisa membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres, depresi serta kecemasan.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kale kaya akan magnesium. Mineral ini sangat penting untuk membantu meregulasi kortisol dan sejumlah studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan tingkat magnesium rendah cenderung lebih mudah stres.

3. Ikan

Jenis ikan berlemak seperti salmon, makerel, sarden, hingga tuna kaya akan asam lemak omega 3, Vitamin B6 dan Vitamin B12 yang diketahui mampu menurunkan tingkat kortisol dan melawan stres. Kamu bisa mengonsumsi ikan-ikan tersebut setidaknya dua kali seminggu.

4. Kacang dan biji-bijian

Kacang kaya akan nutrisi seperti Vitamin B, magnesium, seng, dan lemak sehat. Semua nutrisi tersebut bisa membantu mengurangi stres dan tingkat kecemasan. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kenari dan pistachio bisa membantu mempersiapkan tubuh agar lebih siap menghadapi stres. Sementara biji-bijian kaya akan asam lemak omega 3, magnesium serta vitamin dan mineral penting lainnya yang bisa membantu menurunkan tingkat stres secara drastis. Kamu bisa mencoba mengonsumsi biji bunga matahari, biji chia dan rami.

5. Teh herbal

Minum teh herbal bisa membawa efek menenangkan di pikiran. Teh herbal mampu menurunkan tingkat stres dan menstabilkan suasana hati kita. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kemampuan untuk menurunkan stres karena kadar kafeinnya yang rendah dan tinggi L-theanine, protein yang membantu otak untuk rileks.

6. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan lainnya yang membantu mengatur hormon stres serotonin. Oatmeal kaya akan Vitamin B dan magnesium yang membantu menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati.

7. Gandum utuh

Gandum utuh adalah sumber karbohidrat yang bisa membantu tubuh membuat insulin, yang membantu tubuh untuk membuat insulin, yang pada gilirannya memungkinkan triptofan, asam amino untuk memasuki otak, sehingga membuat kita merasa baik dan tenang.

8. Buah-buahan

Beberapa jenis buah dapat membantu meredakan stres.  Buah sitrus, misalnya, menurut sebuah studi, buah sitrus kaya akan Vitamim C, antioksidan yang dapat larut dalam air dan dikenal mampu meredakan stres. Vitamin C bisa menurunkan stres fisik, stres emosional dan kecemasan, yang seringkali muncul ketika kita stres.

Sementara pisang mengandung Vitamin B, magnesium dan mangan yang diketahui mampu meningkatkan suasana hati, menurunkan stres dan kelelahan. Blueberry juga bisa membantu meredakan stres karena tinggi antioksidan. Kandungan flavonoid di dalam blueberry terbukti mampu meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres yang diikuti dengan kecemasan dan depresi.

9. Telur

Telur tinggi akan protein, kolin, asam lemak omega 3 dan nutrisi lainnya yang secara signifikan mampu meningkatkan suasana hati dengan menurunkan stres dan kecemasan.

10. Produk susu

Produk susu seperti yogurt, susu dan keju adalah sumber probiotik yang baik. Probiotik mendukung kesehatan usus dengan melindunginya dari bakteri berbahaya, memperlancar pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi lebih baik. Probiotik juga dikenal mampu menurunkan stres, kecemasan dan depresi.

Kandungan gizi dalam makanan penghilang stres

1. Vitamin B12

Kandungan dalam vitamin B12 bisa mengurangi pandangan pada jaringan tubuh, termasuk pada otak, serta membantu menurunkan risiko demensia atau depresi. Kandungan B12 biasa terkandung dalam telur, ayam, hati sapi, dan juga sereal yang sudah diperkaya dengan vitamin B12.

2. Asam folat

Beberapa kasus ada yang mengalami kekurangan asam folat atau vitamin B9 yang memiliki hubungan dengan suasana hati yang sedang buruk. Oleh sebab itu, bagi seseorang yang sedang merasakan stres atau depresi dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang kaya sumber asam folat, seperti sayuran hijau, buah jeruk, kacang-kacangan, roti, pasta, nasi, atau sereal.

3. Omega-3

Asam lemak omega-3 yang biasa terkandung dalam ikan, seperti salmon dan makarel akan berperan untuk menjaga fungsi otak. Selain itu, nutrisi yang ada dalam ikan tersebut juga akan membantu mencegah peradangan serta berpengaruh terhadap pengantaran hormon serotonin dan dopamin ke dalam tubuh.

4. Zinc

Seng atau yang biasa dikenal dengan zinc memiliki manfaat untuk emmbantu memperkuat respons tubuh terhadap stres dan juga membantu mengurangi depresi. Kandungan zinc bisa ditemui dalam makanan laut, seperti kerang, lobster, dan juga kepiting. Selain itu, zinc juga terkandung dalam daging ayam, daging sapi, kacang merah, dan kacang almond.

5. Probiotik

Pada kandungan makanan dan minuman yang difermentasikan seperti, yogurt, kefir, dan kimchi, bisa membantu untuk meredakan depresi, stres, dan rasa cemas karena terdapat kandungan bakteri baik probiotik di dalamnya.

6. Magnesium

Kekurangan kandungan magnesium bisa meningkatkan risiko seseorang akan mengalami depresi atau gangguan kecemasan, oleh karena itu, magnesium dapat dikonsumsi sebagai salah satu kandungan makanan atau suplemen yang bisa membantu mencegah dan meringankan rasa depresi. Kandungan mineral tersebut bisa ditemui pada sayuran, ikan, susu, dan kacang-kacangan (kedelai, kacang merah, dan almond).

7. Vitamin D

Dalam beberapa makanan juga terkadung vitamin D yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi serta daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan D juga berperan dalam mencegah dan meringankan depresi.

Untuk mendapatkan vitamin D cukup mudah, yakni bisa diperoleh dari sinar matahari atau makanan tertentu seperti ikan, jamur, susu, telur, kacang kedelai, hati sapi, dan keju, atau bisa memperolehnya dengan bantuan konsumsi suplemen.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *