Mata Merah Bisa Menular Lewat Pandangan, Mitos atau Fakta?

  • Bagikan
Ilustrasi mata merah, mitos, atau fakta bisa menular lewat pandangan. (Foto: Dok. RS Mata Undaan)


Mata merah bisa menular, ketika memandang seseorang yang sedang mengalami sakit mata merah. Bernarkan hal tersebut? Menanggapi pertanyaan tersebut, dr. Donny Wishnu Chandra, SpM dokter spesialis mata dari RS Mata Undaan mengatakan, mata merah tidak menular karena saling berpandangan atau tatapan langsung.

“Penyebab mata merah beragam. Salah satunya karena virus, mata merah bisa menular apabila seseorang terkontaminasi virus tersebut. Terutama saat daya tahan tubuh menurun, virus akan mudah menyerang,” kata dokter yang akrab disapa Donny ini.

Donny menyampaikan, bila setelah memandang orang dengan mata merah, jadi tertular dan mengalami mata merah. Hal ini disebabkan karena terpapar virus yang menyebabkan mata merah.

“Mungkin saat itu, daya tahan sedang turun jadi virus bisa masuk. Tapi bukan serta merta ketika melihat kita jadi tertular, tidak seperti itu,” imbuhnya.

Donny mencontohkan, misalnya ada satu orang dalam keluarga sakit mata merah, satu rumah ketularan. Itu karena satu rumah daya tahan tubunnya sedang turun.

“Bila seseorang mempunyai daya tahan tubuh yang kuat virus tidak akan mudah masuk.  Kalau kita memandang orang dengan mata merah, tapi daya tahan tubuh kita kuat. Kita tidak akan mudah tertular,” ujar dokter spesialis vitrioretina.

Tentang RS Mata Undaan

Rumah Sakit Mata Undaan adalah penyelenggara pelayanan  kesehatan yang secara khusus melayani penderita penyakit mata. Rumah Sakit ini berdiri tahun 1933 dengan nama Soerabaiache Oogheelkundige Kliniek. Kini, Rumah Sakit Mata Undaan pun telah menjadi Rumah Sakit Khusus menangani penyakit mata dan telah menjadi ikon kota Surabaya.

Berlokasi di jantung kota Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan adalah sebuah Rumah Sakit Khusus Kelas B yang memiliki empat layanan unggulan. Layanan tersebut antara lain Lasik, Vitreo Retina, Glaukoma, dan Katarak.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *