Memahami Penyebab Muncul Tren Jarang Mandi di Kalangan Artis Hollywood

  • Bagikan



Kelakuan manusia zaman sekarang semakin lama semakin ajaib. Setelah ada yang memperdebatkan apa pentingnya menyabuni kaki saat mandi, satu per satu artis Hollywood kini membuat pengakuan yang mencengangkan. Mereka dengan bangganya mengaku jarang sekali mandi.

Ketika diwawancarai Vanity Fair baru-baru ini, Jake Gyllenhaal membeberkan “tidak mandi mampu memaksimalkan perawatan kulit”. Ironisnya, dia mengatakan itu berbarengan dengan iklan parfum keluaran terbaru Prada, Luna Rossa Ocean.

Sebulan sebelumnya, Ashton Kutcher dan Mila Kunis bercerita di podcast kalau mereka hampir tidak pernah mandi. Ashton sendiri cuma membersihkan lipatan tubuh. Saking banyaknya artis papan atas yang malas mandi, Jason Momoa sampai menjadi sasaran pertanyaan seputar mandi, yang dia jawab dengan santai: “Ya, mandi lah. Kan saya Aquaman.”

Kehabisan akal memikirkan orang-orang yang mengabaikan kebersihan diri, saya pun bertanya kepada pakar apa kira-kira yang membuat mereka betah tidak mandi. Berikut jawaban Adam Friedmann, konsultan dermatologi dari Stratum Dermatology Clinics.

VICE: Apa hal buruk yang bisa terjadi jika kita tidak mau mandi?
Adam Friedmann:
Kekhawatiran terbesar tentunya bau badan. Kebanyakan orang badannya mulai bau setelah tidak mandi seharian. Tapi orang bisa menyamarkan aroma tidak sedap dengan antiperspiran, deodoran dan parfum modern.

Dari perspektif kulit, tidak masalah kalian mandi atau tidak karena kulit bisa menjaga tubuh tetap bersih. Tapi saya rasa wajar jika kebanyakan dokter menyarankan mandi setiap 24 jam untuk mencegah bau. Jika kalian jarang keluar rumah atau melakukan sesuatu yang mengeluarkan keringat, tak ada salahnya untuk bolos mandi.

Memangnya tidak akan menimbulkan bintik-bintik atau ruam?
Badan akan mengalami kelebihan keratin kalau kalian tidak mandi sama sekali. Kulit menjadi lebih bersisik, kasar dan mulai mengumpulkan daki. Lama-lama tubuh kalian akan terlihat kotor. Semakin jarang mandi, semakin rentan kalian mengalami masalah seperti kudis dan kurap. Jerawat muncul bukan karena masalah kebersihan, melainkan faktor genetik dan hormon, sehingga kalian tidak akan jerawatan ketika tidak membersihkan tubuh. Jika kalian berkeringat tapi tidak mandi, ruam gatal bisa muncul di bagian tubuh yang kotor. Tapi masalahnya baru parah kalau sudah lama tidak mandi.

Berapa lama?
Minimal satu minggu.

Saya membayangkan badan sudah sangat bau saat itu terjadi. Menurutmu, apa yang membuat artis Hollywood ogah mandi?
Sejauh pemahaman saya, mereka hanya mengatakan tidak mandi selama beberapa hari jika tidak ada keperluan.

Bisakah kita tidak menyadari bau badan sendiri? Orang lain pasti bisa mencium bau kalian, tapi saya rasa orang-orang ini tidak menyadarinya.
Hidung menjadi tidak peka terhadap suatu bau setelah terpapar untuk waktu yang lama, jadi mungkin saja orang tidak bisa mencium bau badannya sendiri. Buktinya kita sering menemukan orang yang badannya bau, tapi mereka seperti tidak menyadarinya.

Beberapa artis, kalau tidak salah Ashton Kutcher dan Mila Kunis, serta Kristen Bell dan suami, mengatakan mereka melakukan “tes bau” pada anak-anaknya. Mereka hanya memandikan anak saat badannya bau atau kotor. Apakah anak-anak berbeda?

Anak-anak jauh lebih bersih daripada orang dewasa. Badan mereka bisa kotor tapi tidak bau sampai mereka melewati masa pubertas. Bayi bahkan sangat bersih, jadi tidak perlu sering dimandikan. Sebenarnya tiga atau empat hari sekali sudah cukup. Tapi namanya juga anak-anak yang suka main kotor-kotoran, mereka lebih sering mandi untuk membersihkan badan daripada menghilangkan bau.

Di sisi lain, The Rock mengaku mandi tiga kali sehari: mandi air dingin di pagi hari untuk menyegarkan badan; mandi air hangat setelah olahraga; mandi air panas di malam hari. Adakah yang namanya mandi berlebihan?
Dalam dunia dermatologi, banyak orang takut menggunakan sabun yang mengandung iritan dan mandi air panas karena bisa membuat kulit iritasi. Tapi, setiap orang berbeda! Beberapa bisa melakukan [rutinitas itu], tapi kebanyakan merasa kulit menjadi lebih kering jika mandi tiga kali sehari. Ironisnya, air bisa membuat kulit terasa kering setelahnya. Oleh karena itu, ada baiknya mengganti sabun dengan krim pelembab saat mandi.

Apakah kita terlalu sering mandi karena sudah menjadi budaya?
Kita mungkin mandi lebih dari seperlunya. Tapi selama kalian tidak membahayakan diri sendiri, apa salahnya sering mandi? Siapa pula yang mau punya badan bau?

@niluthedamaja



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *