Menelusuri Jejak Indie Rock di Serial TV

[ad_1]

Kate Winslet dan Angourie Rice dalam 'Mare of Easttown'

Kate Winslet dan Angourie Rice dalam ‘Mare of Easttown’ (Fot: Michele K. Short/HBO)

Phot

Dalam miniseri terbaru HBO Mare of Easttown, Kate Winslet memainkan peran detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan di Pennsylvania. Putri karakter Winslet, Siobhan (Angourie Rice), diceritakan memimpin band fiktif yang akan menyanyikan lagu band punk rock Philadelphia Mannequin Pussy. Michelle Zauner atau yang lebih dikenal sebagai Japanese Breakfast telah diutus untuk membimbing band tersebut agar tampil lebih natural di layar kaca. Pemilihan ini cocok sekali dengan latar tempat serial tersebut, mengingat Philadelphia sangat terkenal akan kancah punknya. 

Musik indie rock kerap dijadikan soundtrack serial televisi, tapi sekarang tak hanya lagunya saja yang masuk ke dalam suatu acara. Banyak musisinya ikut terlibat dalam proses produksi, baik di depan kamera maupun di balik layar.

Penyanyi atau band tampil dalam serial TV bukanlah hal baru. Berbagai musisi papan atas macam Frank Zappa, Bob Dylan, Tom Petty dan Lady Gaga telah unjuk kemampuan aktingnya dalam beberapa dekade terakhir. Seniman independen yang belum terlalu populer pun tak jarang menghiasi layar kaca kita.

Meskipun TV kini tak lagi menjadi sarana menjanjikan bagi musisi baru yang ingin mengembangkan karier — seperti pada awal 2000-an ketika band-band macam The Killers dan Death Cab For Cutie bisa tenar berkat The O.C., Gilmore Girls, dan Grey’s Anatomy — pengalaman berakting tetaplah penting bagi musisi mana pun. Berikut ini nama-nama penting dalam indie rock yang pernah masuk program acara TV selama 10 tahun terakhir.

Japanese Breakfast di season ketiga ‘Search Party’ (2020) 

Michelle Zauner di 'Search Party'

‘Search Party’ oleh HBO MAX

Mare of Easttown bukanlah serial HBO pertama yang melibatkan Michelle Zauner. Tahun lalu, penyanyi solo ini membawakan lagu “I’ll Make Love to You” Boyz II Men dalam adegan pesta pernikahan di serial komedi gelap Search Party. Vokalis Sleater-Kinney Carrie Brownstein juga menyutradarai episode tersebut.

Andrew Bird di season keempat ‘Fargo’ (2020)

FARGO — “Welcome to the Alternate Economy” – Tahun 4, Episode 1 (Tayang pada 27 September). Andrew Bird memerankan Thurman Smutny. CR- Elizabeth Morris:FX .jpeg

FARGO — “Welcome to the Alternate Economy” – Tahun 4, Episode 1 (Tayang pada 27 September). Andrew Bird memerankan Thurman Smutny.

Multi-instrumentalis Amerika Andrew Bird pertama kali bermain film dalam musim terbaru serial drama kriminal Fargo. Menurut wawancara Billboard ini, produser Noah Hawley membujuk Andrew untuk tampil di acaranya ketika dia sedang konser di Austin, Texas — yang merupakan tempat tinggal Hawley. Musisi ini ditawarkan peran direktur pemakaman Thurman Smutny. Sang produser masa bodoh dengan kemampuan aktingnya yang minim, dan bahkan mengelabui Andrew di hari pertama syuting. “Dia memberi dialog yang berbeda. Kayaknya sengaja dibuat begitu untuk jaga-jaga saya kelewat siap,” ungkap Andrew.

Jeff Tweedy di season 10 ‘Curb Your Enthusiasm’ (2020) 

Jeff Tweedy di 'Curb Your Enthusiasm'

Jeff Tweedy di ‘Curb Your Enthusiasm’ (Credit: HBO)

Pada 2019, media AS dihebohkan dengan kabar frontman Wilco akan tampil di season terbaru Curb Your Enthusiasm HBO. Hanya saja tak ada yang tahu Jeff Tweedy akan memerankan apa dalam acara komedi Larry David. Rupanya dia cuma menjadi pemain figuran selama beberapa detik saja di episode kesembilan musim tersebut. Namun, itu bukan satu-satunya pengalaman berakting Jeff. Dia juga pernah menjadi bintang tamu di Parks & Recreation dan South Side garapan Comedy Central.

Ty Segall di season ketiga ‘Corporate’ (2020) 

Ty Segall di 'Corporate' Comedy Central

Ty Segall di ‘Corporate’ Comedy Central

Tak hanya menciptakan musik latar dan musik tema untuk program acara Comedy Central, multi-instrumentalis Ty Segall bergabung di musim terakhir Corporate. Dia tampil dalam acara streaming fiktif Society Tomorrow.

‘Neo Yokio’ Ezra Koenig (2017-2018) 

neo_yokio_s01e05_3m30s5035f.png

Serial anime Netflix garapan Ezra Koenig, Neo Yokio, menjadi proyek film paling mengejutkan. Lebih tak terduganya lagi adalah dia mengajak Jaden Smith dalam pembuatannya. Ezra masih sempat-sempatnya memproduksi serial animasi di tengah kesibukannya nge-band bersama Vampire Weekend.

Chromatics, Sharon Van Etten dll di ‘Twin Peaks’ (2017) 

Sama seperti David Bowie yang membintangi mahakarya David Lynch, sejumlah musisi internasional menjadi bintang tamu khusus dalam reboot Twin Peaks pada 2017. Sebagian besar episode musim terakhirnya ditutup oleh berbagai pertunjukan musik. Tapi, walaupun ada adegan DJ Hudson Mohawke dan Nine Inch Nails manggung di bar, penampilan terbaik datang dari The Chromatics yang menyanyikan “Saturday” dan Sharon van Etten yang membawakan lagu terbaiknya “Tarifa”.

Kurt Vile di ‘Animals’ (2016) 

Karakter tupai Kurt Vile di 'Animals' (HBO)

Karakter tupai Kurt Vile di ‘Animals’ (HBO)

Kurt Vile muncul sebagai karakter tupai dalam serial animasi HBO Animals. Rocker Philadelphia ini juga bukan satu-satunya musisi yang membintangi acara tersebut. Ty Segall, Big Boi, A$AP Ferg, A$AP Rocky, dan Kim Gordon ikut meramaikan serial tersebut.

Clementine Creevy di ‘Transparent’ (2014-2015) 

Clementine Creevy di 'Transparent' (Prime Video)

Clementine Creevy di ‘Transparent’ (Prime Video)

Setahun setelah grup musik Cherry Glazerr terbentuk, frontwoman Clementine Creevy muncul beberapa kali dalam serial Transparent. Dia tampil sebagai anggota duo pop yang dimanajeri Josh Pfefferman (Jay Duplass). Carrie Brownstein juga memerankan karakter berulang dalam serial tersebut.

Sigur Rós di ‘Game of Thrones’ (2014)

Sigur Rós di ‘Game of Thrones’ (2014) 

Sigur Rós di ‘Game of Thrones’ (HBO)

Penggemar berat Game of Thrones bisa langsung mengenali wajah-wajah musisi yang kameo di serial ini. Ed Sheeran pernah muncul sesaat di musim ketujuh, Mastodon dan Chris Stapleton memerankan Wildling, dan drummer Coldplay bergabung dalam band “Rains of Castamere”. Namun, penampilan Sigur Rós di pesta pernikahan Joffrey Lannister menjadi yang paling berkesan.

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.