Mesin Avanza Mudah Panas

  • Bagikan
https://bit.ly/2XjpNdG


Mesin Avanza Panas

Setelah berumur 2 tahun mesin mobil Toyota Avanza cepat panas, alhasil harus menepi di pinggir jalan untuk mendinginkannya. Dampak dari panasnya mesin ini adalah tenaga mesin menjadi berkurang dan mesin mengalami pembakaran lebih awal (knocking). Pengalaman ini dialami oleh salah seorang pemilik Toyota Avanza yang dia punyai sejak 2 tahun lalu dari baru. Ia pun membawa mobilnya ke bengkel untuk ditangani oleh para mekanik ahli. Berdasarkan hasil pemeriksaan ternyata didapatkan bahwa motor fan dari kipas radiator sudah harus diganti. Menurut mekanik tersebut bahwa motor fan dari Avanza dan Xenia hanya mampu bertahan selama 2 tahun. Setelah lewat 2 tahun tenaga putar motor fan melemah.

Kipas radiator pada toyota Avanza menggunakan motor atau dinamo, sehingga tenaga putar didapat dari listrik untuk memutar kipas radiator. Pada saat mesin baru dihidupkan dan suhu kerja mesin di bawah suhu kerja mesin normal, maka kipas radiator belum hidup. Maksudnya motor fan belum bekerja, atau belum mendapat suplai listrik. Tapi setelah mesin berada di atas 93 derajat celcius, barulah motor fan mendapat suplai listrik dan bekerja memutar kipas radiator. Berputarnya kipas radiator ini berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin yang ada di dalam radiator. Cairan pendingin di radiator inilah kemudian disirkulasikan untuk mendinginkan mesin melalui water jacket (lubang- lubang pendingin di blok mesin). 

Jika kipas radiator tidak berputar sementara cairan pendingin sudah naik suhunya, maka cairan pendingin yang masuk ke dalam water jacket adalah cairan pendingin yang masih panas, dan tentunya panas mesin tidak bisa diserap oleh cairan pendingin. Memang pada kerusakan motor fan kipas radiator tidak mati total, artinya kipas radiator masih tetap berputar. Tetapi putaran kipas radiator sudah mulai melemah atau pelan. Dengan demikian hembusan angin untuk mendinginkan cairan di radiator menjadi sedikit. 

Untuk itulah sebaiknya motor fan kipas radiator yang sudah berumur 2 tahun sebaiknya diganti dengan yang baru. Sebab dampaknya seperti di atas. Perawatan motor fan ini juga perlu diperhatikan kelayakannya.Jangan sampai Anda harus menghentikan mobil anda di jalan, karena mesin sudah kepanasan. Akibatnya perjalanan anda menjadi terhambat dan terlambat sampai di tujuan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *