Meski Covid Tinggi, AFA Pastikan Argentina Tampil di Copa America

  • Bagikan
AFA mengonfirmasi keikutsertaan Lionel Messi dkk di Copa America. (Foto: Twitter/@SeleccionArgentina)


Menjelang gelaran Copa America 2020, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) secara sepihak telah mengonfirmasi keikutsertaan timnas Argentina di turnamen yang akan diputar mulai 14 Juni di Brazil itu.

Pengumuman mengejutkan ini muncul di tengah kontroversi besar mengenai pro-kontra tetap diselenggarakannya Copa America, serta negosiasi antara kapten tim –tim kontestan yang berencana memboikot turnamen tersebut.

Sejak awal, skuad Argentina memang tidak secara terbuka menyatakan penolakannya terhadap turnamen seperti yang dilakukan kapten timnas Brasil Casemiro, Luis Suarez (Uruguay) dan Juan Cuadrado (Kolombia), kendati pelatih Argentina Lionel Scaloni menyuarakan keprihatinannya atas turnamen yang berlangsung di Brasil, di mana angka kasus Covid-19 di negara itu masih cukup tinggi.

“Tentunya kondisi (di Brasil) sama atau lebih buruk dengan (negara) kita sendiri,” kata Scaloni.

“Dari sudut pandang itu, sulit untuk menyetujui keputusan itu, tetapi kami masih harus berangkat.”

Kami akan bermain, kami akan mencoba membuat Copa America berjalan sebaik mungkin, tetapi ada banyak hal yang tidak diketahui,” ujar Scaloni penuh keraguan.

AFA sendiri merilis pernyataan yang mengonfirmasi keikutsertaan Argentina di turnamen ini pada Minggu, 6 Juni 2021 waktu setempat.

“Argentina mengonfirmasi partisipasi mereka di Copa America 2021, yang mencerminkan semangat olahraga yang dimiliki tim sepanjang sejarah mereka,” bunyi pernyataan AFA.

“Dengan upaya besar dari AFA, yang menyiapkan semua alat yang diperlukan untuk dapat menjamin perawatan kesehatan khusus yang kami butuhkan di masa sulit yang kami alami ini, tim nasional akan melakukan perjalanan ke Brasil untuk bermain di turnamen continental.”

“Semua staf tim Argentina akan bekerjasama untuk mengatasi kesulitan ini yang, sayangnya, memengaruhi kita semua orang Amerika Selatan secara keseluruhan.”

Meskipun pernyataan ini telah dirilis, waktu akan memberi tahu apakah skuad Argentina akan setuju untuk mengambil bagian dalam turnamen, atau bergabung dengan pemain dari negara lain dan memboikotnya.

Karena pernyataan AFA belum tentu saja sejalan dengan Lionel Messi dkk yang kabarnya berat untuk ambil bagian di turnamen di tengah situasi Covid-19 yang cukup memprihatinkan di Brasil.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *