Mulai Beralih ke Teknologi Jangan Selalu Pakai Kertas

Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf mengharapkan seluruh perangkat daerah di Pemerintah Kota Pasuruan mulai beralih menggunakan teknologi. Pemanfaatan teknologi disebut Gus Ipul, sapaan akrabnya, sekaligus sebagai upaya mengurangi kertas dan sampahnya.

Menurut Gus Ipul, Kota Pasuruan cukup tertinggal jauh soal pemanfaatan teknologi untuk urusan birokrasinya. Ia mencontohkan Surabaya dan Sidoarjo yang mana kedua daerah tersebut untuk disposisi surat sudah menggunakan barcode atau teknologi. Dan meninggalkan budaya tumpukan kertas.

“Seperti awal saya bermimpi datang ke Kota Pasuruan. Saya ingin di sini sejajar dengan kota lain, Surabaya misalnya, yang dalam urusan administrasinya sudah canggih. Di sana sudah tidak menggunakan tumpukan kertas untuk minta disposisi, cukup dengan barcode dengan ponsel,” ujar Gus Ipul, Selasa 1 Maret 2022.

Menurut Gus Ipul, teknologi menjadi keniscayaan di kehidupan saat ini. Dengan teknologi sesuatu yang sulit bisa diubah menjadi efisien dan mudah. Selain itu penggunaan teknologi dalam birokrasi juga bermanfaat untuk menekan penyalahgunaan wewenang jabatan termasuk korupsi.

Gus Ipul meminta seluruh OPD untuk berinovasi menciptakan pelayanan baru berbasis pemanfaatan teknologi. “Apalah artinya punya gedung perpustakaan bagus kalau tidak juga memanfaatkan teknologi. Akan ditinggalkan dan tidak ada peminat,” jelasnya.

“Manfaat teknologi ini banyak. Salah satunya menekan penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang dan korupsi. Karena dengan teknologi sejatinya kita meminimalisir orang bertemu dengan orang,” pungkasnya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.