Muncul Cahaya Misterius saat Gempa, Warga Meksiko Mengira Itu Tanda Kiamat

  • Bagikan


Kerusakan akibat gempa yang mengguncang Acapulco, negara bagian Guerrero, Meksiko

Kerusakan akibat gempa yang mengguncang Acapulco, negara bagian Guerrero, Meksiko pada 7 September 2021. Foto oleh Jesus Espinosa/Xinhua via Getty Images.

Kilatan cahaya merah kebiruan menerangi langit sementara gempa 7 skala Richter mengguncang Meksiko, membuat warga yang keluar rumah untuk menyelamatkan diri ketakutan. Fenomena ini terekam dalam video yang viral di media sosial, menimbulkan kekhawatiran kiamat sudah dekat.

Cahaya misterius yang tampak seperti kembang api muncul pada saat gempa 7 September lalu di selatan kota pesisir Acapulco — terlihat dari dekat pusat gempa sampai ke Ibu Kota Meksiko 321 kilometer jauhnya.

Ilmuwan masih memperdebatkan penyebab pastinya.

Beberapa berteori kilatannya merupakan cahaya gempa atau EQL. Fenomena-fenomena ini telah diabadikan ratusan tahun lamanya. Dalam beberapa kasus, EQL terjadi beberapa saat sebelum aktivitas seismik terjadi.

EQL kerap dianggap mitos atau ilusi semata, tapi berbagai rekaman video yang muncul beberapa dekade terakhir semakin membuktikan keberadaannya.

Berbagai hipotesis telah diajukan untuk menjelaskan penyebab fenomena langit itu, “termasuk medan magnet Bumi terganggu tekanan tektonik dan efek piezoelektrik, di mana batuan kuarsa menghasilkan voltase ketika dikompresi dengan cara tertentu.”

Namun, penelitian terbitan 2014 mengusulkan, cahayanya muncul ketika aktivitas seismik membuat beberapa jenis batuan melepaskan tenaga listrik yang penampakannya menyerupai kobaran api biru, bola petir yang melayang di atas langit, atau kilatan cahaya terang yang keluar dari tanah seperti yang terjadi di Meksiko. 

Kejadian ini sangat langka karena batuan yang dapat menghasilkan EQL hanya ada di lingkungan tertentu. Gempa berkekuatan 8,1 SR yang meluluhlantakkan Meksiko empat tahun lalu juga disertai kilatan cahaya serupa.

Lalu ada yang menduga kilatannya disebabkan oleh kekurangan energi listrik dan ledakan transformator di sepanjang sistem tenaga listrik. Bisa juga itu hanyalah petir biasa, atau gabungan ketiganya. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan penyebab pastinya. 

Sementara itu, warga Meksiko masih waspada ada gempa susulan sebelum akhir bulan. Aktivitas seismik meningkat luar biasa pada September, termasuk banyaknya gempa paling mengerikan dalam sejarah negara. Kebetulan ini (gempa empat tahun lalu juga terjadi pada 7 September) telah menimbulkan spekulasi dan meme, tapi belum ada alasan ilmiah yang menjelaskan kenapa gempa muncul pada waktu tertentu dalam setahun.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *