Netizen Geger PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Faktanya

Ilustrasi toko tutup akibat PPKM Darurat (Foto: unsplash.com)

[ad_1]

Kabar skenario perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 6 minggu yaitu, pada 17 Agustus 2021 semakin menguat. Hal ini diketahui dari pemaparan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pada rapat Kerja dengan Badan Anggaran, pada Senin 12 Juli 2021.

Opsi perpanjangan PPKM Darurat itu bertujuan untuk menekan kasus penyebaran Covid-19. Melansir berbagai sumber, berikut faktanya.

Perkuat APBN Guna Perekonomian

Sri Mulyani menyebut perpanjangan PPKM Darurat akan berdampak pada perekonomian. Pertama, konsumsi masyarakat akan melambat. Hal ini bisa menyebabkan pemulihan ekonomi Indonesia tertahan. Kedua, pertumbuhan ekonomi RI di kuartal III diprediksi melambat ke kisaran 4-5,4 persen.

Sebagai solusi, belanja APBN diperkuat untuk merespons dampak tersebut. Selain itu, diperlukan pula akselerasi vaksinasi, efektivitas PPKM darurat dan kesiapan sistem kesehatan. Seperti fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan.

Pemerintah Bantah Perpanjang PPKM

Pemerintah masih menjalankan PPKM Darurat Jawa-Bali sesuai rencana yang berlangsung sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Keterangan ini diperoleh dari juru bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi.

Sejalan dengan bantahan tersebut, DPR meminta pemerintah mengkaji ulang wacana perpanjangan PPKM Darurat. Pemerintah juga diminta mempertimbangkan secara matang dan mendalam jika memang hendak melaksanakan rencana PPKM 6 minggu. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad.

Perusahaan Terancam Bangkrut

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariadi Sukamdani menyebut perpanjang PPKM Darurat berat berdampak parah pada perusahaan. Sejumlah perusahaan diperkirakan mengalami kebangkrutan. Pasalnya, penghasilan berpotensi minus jika PPKM diperpanjang melebihi 20 Juli 2021.

Hal serupa dinyatakan oleh Wakil Ketua Umum Pengusaha Hotel dan Restoran (PHRI) Emil Arifin. Emil meminta empat syarat kepada pemerintah jika PPKM Darurat akan diperpanjang. Antara lain bantuan uang sewa, bantuan uang listrik dan air, stimulus pajak bumi dan bangunan, serta subsidi gaji karyawan. 

Trending Twitter

Kabar skenario perpanjangan PPKM Darurat membuat netizen geger. Terpantau kata kunci PPKM 6 menjadi topik populer dengan 26.8 ribu cuitan. Sebagian besar warganet mengaku tak siap dengan perpanjangan ini.

“PPKM 6 Minggu, gak papa deh asal cicilan motor saya dibayarin, makan saya terjamin, uang jajan dikasih,” keluh akun @BaliLeo_BaliLei dengan menyindir.

“Puyeng banget dah mana nganggung. Ini PPKM malah mau dibikin 6 minggu, emoji sedih,” timpal pengguna bernama yaudaiyaaa_

Ada pula warganet yang menanggapi dengan komentar bernada candaan dengan menyebut dirinya seekor ular. “Kalau sampai jadi PPKM 6 Minggu, kita mah bakal mati pelan-pelan. Bukan karena covid tapi karena kelaparan. Susah nyari penghasilan, bantuan gak ada. Dikira pemerintah aing Anaconda kali ya, sekali makan cukup buat berbulan bulan?,” sahut akun @madzbintang_182.(Kmp/Cnn/Trb)



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.