Nils Politt, Breakaway Merajai Tour de France Etape 12

  • Bagikan
Nils Politt (Bora-Hansgrohe) berhasil menjuarai Tour de France etape 12 setelah berjuang bersama kelompok breakaway. (Foto: Istimewa)


Kelompok breakaway berhasil menjuarai Tour de France etape 12, Kamis 8 Juli 2021 malam waktu Indonesia. Kali ini Nils Politt (Bora-Hansgrohe) yang berhasil mencapai finis duluan dan menyelesaikan lomba sejauh 159 km dari Saint Paul Trois Chateaux menuju Nimes dalam waktu 3 jam 22 menit.

Memang etape ini berlalu lebih cepat karena ada bantuan angin dari belakang dan samping. Politt berama Imanol Erviti (Movistar) dan Harry Sweeny (Lotto Soudal) berhasil melarikan diri dari kelompok breakaway yang berisi 13 pembalap itu ketika balapan kurang 40 km. Akhirnya, Politt berhasil meninggalkan dua pesaingnya itu dan sendirian sepanjang 12 km dan finis solo.

Lantas keduanya menyusul 31 detik kemudian menjadi juara dua dan tiga. Tidak ada yang berubah dari kelompok pengejar klasemen GC. Tadej Pogacar sang pengguna yellow jersey finis 15 menit 52 detik di belakang Politt. Bahkan kelompok sprinterpun membiarkan kelompok breakaway ini memenangkan etape 12.

Profil Tour de France etape 12. (Grafis: Istimewa)

Mark Cavendish (Deceuninck-Quickstep) pun tidak bernafsu mengejar kemenangan. Dia hanya mengejar point sprint untuk mempertahankan green jerseynya.

Sebetulnya, etape ini bisa membawa Cavendish menyamai rekor Eddy Merckx, memenangkan 34 kali Tour de France. Tetapi tim Deceuninck-Quickstep memilih untuk tidak mengejar kelompok breakaway itu setelah Alaphilippe mencoba untuk mengejarnya tetapi tidak bisa.

Saat breakaway terbentuk, selain Politt ada pembalap-pembalap top seperti Andre Greipel (Israel Start-Up Nation), Edvald Boasson Hagen (TotalEnergies), dan Luka Mezgec (Team BikeExchange).

“Ini sangat tidak bisa dipercaya. Ini adalah mmimpi bisa memenangkan etape di Tour de France,” tutur Politt.

Ini adalah hasil baik juga untuk tim Bora-Hansgrohe setelah andalan utamanya, Peter Sagan tidak dapat start etape 12 ini karena ada cedera lutut saat etape tiga lalu. “Saat start baru diputuskan Sagan tidak mengikuti etape ini, jadi kita ada perubahan taktik dan akhirnya berhasil membawa kemenangan,” tutur Politt.

“Ketika masih ada banyak sprinter di dalam kelompok kami, saya tahu saya harus balapan dengan keras. Saya harus menyerang lebih awal. Setelah saya melakukannya, hanya tinggal empat orang bersama saya. Lantas direktur sport memberitahu saya bahwa ini adalah kesempatan terakhirmu, habiskanlah! Saya lakukan lagi, saya menyerang lagi dan akhirnya saya finis sendirian,” ucap Politt bangga.

Mark Cavendish (Deceuninck-Quickstep) tidak mengejar kemenangan di etape ini. (Foto: Istimewa)
Mark Cavendish (Deceuninck-Quickstep) tidak mengejar kemenangan di etape ini. (Foto: Istimewa)

Hasil Juara Tour de France etape 12 (top ten)

1. Nils Politt (Jerman) Bora-Hansgrohe 3:22:12

2. Imanol Erviti (Spanyol) Movistar Team 0:00:31

3. Harry Sweeny (Australia) Lotto Soudal

4. Stefan Küng (Swiss) Groupama-FDJ 0:01:58

5. Luka Mezgec (Slovenia) Team BikeExchange 0:02:06

6. André Greipel (Jerman) Israel Start-up Nation

7. Edward Theuns (Belgia) Trek-Segafredo         

8. Brent Van Moer (Belgia) Lotto Soudal  

9. Julian Alaphilippe (Prancis) Deceuninck-QuickStep     

10. Sergio Henao Montoya (Kolombia) Qhubeka-NextHash

Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih tetap mengenakan yellow jersey selepas etape 12 meskipun finis 15 menit di belakang Nils Politt. (Foto: Istimewa)
Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih tetap mengenakan yellow jersey selepas etape 12 meskipun finis 15 menit di belakang Nils Politt. (Foto: Istimewa)

Klasemen general classification setelah 12 dari 21 etape (top ten)

1. Tadej Pogacar (Slovenia) UAE Team Emirates 47:22:43

2. Rigoberto Uran (Kolombia) EF Education-Nippo 0:05:18

3. Jonas Vingegaard (Denmark) Jumbo-Visma 0:05:32

4. Richard Carapaz (Ekuador) Ineos Grenadiers 0:05:33

5. Ben O’Connor (Australia) AG2R Citroën Team 0:05:58

6. Wilco Kelderman (Belanda) Bora-Hansgrohe 0:06:16

7. Alexey Lutsenko (Kazakhstan) Astana-Premier Tech 0:06:30

8. Enric Mas Nicolau (Spanyol) Movistar Team 0:07:11

9. Guillaume Martin (Prancis) Cofidis 0:09:29

10. Pello Bilbao Lopez De Armentia (Spanyol) Bahrain Victorious 0:10:28



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *