Nintendo Rilis Switch OLED Model, Lebih Gede Tapi Sepertinya Tanpa 4K

  • Bagikan


nintendo switch OLED Model

Ilustrasi Nintendo Switch OLED model. Foto dari arsip Nintendo

Gamer di seluruh dunia sejak awal tahun ini rutin membahas rumor bahwa Nintendo akan merilis produk anyar yang memperbarui seri Switch jadi lebih keren. Nintendo Switch merupakan konsol laris untuk segmen generasi ke-8, dan setahun terakhir justru berhasil melampaui penjualan konsol generasi baru seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Di tengah berbagai spekulasi itu, Nintendo, raksasa industri game asal Jepang, sempat menampik berbagai spekulasi mengenai Nintendo Switch Pro. Rumor yang beredar mengklaim Switch Pro bakal mendukung format ketajaman gambar 4K, dan bisa memainkan game-game yang selama ini butuh FPS tinggi.

Ternyata rumor yang beredar separuh benar, sekaligus separuh keliru. Pada 6 Juli 2021, Nintendo mengumumkan produk baru mereka di keluarga besar Switch (yang diberi nama cukup kagok: OLED Model).

Nintendo Switch OLED Model mempertahankan keunikan Switch lama, yakni konsep hibrid yang membuat konsol ini bisa kalian mainkan di luar ruang sebagai handheld, atau dihubungkan ke TV. Sesuai namanya, perubahan terbesar adalah adanya layar OLED di konsol tersebut, yang membuat Switch versi baru ini punya kualitas gambar lebih baik. layar OLED ini diproduksi oleh Samsung. Selain itu, ukuran layar handheld-nya menjadi 7 inchi, lebih besar dari Switch lama.

Tawaran lain dari Nintendo adalah adanya port untuk kabel ethernet. Sehingga, pemain game-game multiplayer macam Smash Bros Ultimate atau Splatoon tidak harus selalu mengandalkan koneksi Wi-Fi seperti selama ini. Fitur baru lain dari Nintendo Switch OLED Model adalah penyangga lebih besar, bila kalian ingin menaruhnya berdiri di atas meja. Fitur ini dulu sering dikeluhkan dan sebetulnya jarang dipakai, tapi tentu penyangga lebih besar merupakan perubahan positif.

Bisa dibilang, rumor Nintendo Switch Pro tidak sepenuhnya keliru. Namun banyak komentator di forum internet yang kecewa, karena kemungkinan besar Switch OLED model tidak mendukung 4K. Selain itu, gamer khawatir masalah klasik Switch masih terjadi di konsol terbaru ini, yakni joycon drift yang membuat kontroler kita tiba-tiba terputus koneksinya.

Nintendo akan merilis OLED model pada 8 Oktober 2021, berbarengan dengan peluncuran salah satu game andalan mereka untuk tahun ini, yakni Metroid Dread. Harga OLED Model ini dibanderol US$350 (setara Rp5 juta).

Tunggu ulasan lebih lengkap ketika barangnya sudah bisa terpegang dan kami mainkan sendiri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *