Operasi Lasik Aman untuk Mata, Ini Penjelasan Dokter RSMU

  • Bagikan
Teknologi Lasik yang ada di SALC RS Mata Undaan yang membuat aman dan nyaman melakukan Lasik.(Foto: dok RS Mata Undaan)


Operasi Laser Assisted In Situ Keratomileusis (Lasik) merupakan prosedur bedah rawat jalan yang digunakan untuk mengobati rabun jauh ( miopi ), astigmatisme (cylinder) dan rabun dekat ( hipermetropi ).

Dokter spesialis kornea, katarak dan bedah refraksi RS Mata Undaan Surabaya, dr Dini Dharmawidiarini SpM(K) memastikan tindakan Lasik merupakan tindakan yang aman karena prosedur operasi menggunakan laser.

“Lasik aman karena prosedur operasi mengunakan laser yang dapat menghilangkan minus, plus ataupun silinder  pada mata. Dan sudah terbukti puluhan tahun,” kata dokter Dini.

Selain itu, dokter Dini menjelaskan, prosedur Lasik aman dilakukan karena sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan pre-Lasik. Pemeriksaan ini untuk memastikan ukuran kacamata dan keadaan korneanya.

“Dalam prosedur pre-Lasik juga ada pemeriksaan kornea topografi untuk memastikan keadaan kornea aman, pemeriksaan mata kering dan lainnya,” terang dokter yang juga ketua CDC RS Mata Undaan ini.

Pemulihan Lasik tergolong sangat cepat, bila melakukan tindakan pada siang atau sore hari, pada malam hari sudah bisa beraktivitas kembali. Esok harinya akan dilakukan beberapa pemeriksaan pada mata pasien.

Prosedur ini memang bukan tanpa resiko. Namun, dokter Dini mengungkapkan bahwa resiko dalam prosedur Lasik dapat diantisipasi.

“Setiap operasi pasti memiliki resiko. Lasik hanya melakukan tindakan diluar area mata tidak sampai kedalam, sehingga resiko infeksi sangat jarang. Bila terjadi hal ini bisa diantisipasi dengan pemberian antibiotik atau antiinfeksi,” terangnya.

Lanjutnya, resiko mata kering setelah Lasik juga hanya berlangsung sementara’ yakni sekitar 1 hingga 3 bulan.

Saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, prosedur Lasik juga aman untuk dilakukan. Sebab, Surabaya Advanced Lasik Center (SALC) RS Mata Undaan penerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Melakukan screening rapid antigen pada pasien sebelum tindakan, sterilisasi alat sebelum dan selesai digunakan, kebersihan ruangan dan petugas juga mengunakan APD lengkap,” imbuhnya.

Melakukan Lasik di SALC RS Mata Undaan aman, karena didukung tenaga berpengalaman lebih dari 15 tahun dan alat pemeriksaan yang cangih.

Tentang RS Mata Undaan

Rumah Sakit Mata Undaan adalah penyelenggara pelayanan  kesehatan yang secara khusus melayani penderita penyakit mata. Rumah Sakit ini berdiri tahun 1933 dengan nama Soerabaiache Oogheelkundige Kliniek. Kini, Rumah Sakit Mata Undaan pun telah menjadi Rumah Sakit Khusus menangani penyakit mata dan telah menjadi ikon kota Surabaya.

Berlokasi di jantung kota Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan adalah sebuah Rumah Sakit Khusus Kelas B yang memiliki 4 layanan unggulan. Diantara layanan tersebut adalah Lasik, Vitreo Retina, Glaukoma, dan Katarak.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *