Ormas Hindu Laporkan Penendang Sesajen Ke Polda Jatim

Pengurus DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jawa Timur, saat melaporkan oknum video viral tendang sesajen di Mapolda Jatim. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

[ad_1]

Organisasi Masyarakat (Ormas) DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jawa Timur, melaporkan seorang pria yang viral melalui tayangan video menendang sesajen di lokasi bencana Gunung Semeru, Lumajang. Laporan in disampaikan DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur.

Wakil Ketua Bidang Hukum dan Politik DPD Prajaniti Hindu Indonesia Jatim I Ketut Swardana mengatakan, tindakan yang dilakukan itu dinilai sangat menyakiti hati umat hindu dan budayawan setempat. Sebab, sesajen merupakan salah satu ritual yang dilakukan umat hindu dalam beribadah.

“Perlu dicari motivasinya apa oknum tersebut melakukan hal itu. Selain membuang itu kita khawatir ada motivasi adu domba antar umat beragama,” ujar Ketut.

Karena itu, Ketut mengharapkan, Polda Jatim bergerak cepat untuk mencari oknum yang dimaksud dan segera mengungkap kasus ini.

Lebih lanjut, Ketut mengimbau, supaya umat Hindu di Indonesia tidak menyikapi kejadian itu secara berlebihan. Prajaniti Jatim juga akan bergerak untuk mencari keadilan. 

“Sampai hari ini, umat Hindu dan budayawan nusantara itu sudah merasakan kesedihan tetapi sudah bisa menahan diri,” katanya.

“Harapan kami, bapak Kapolda beserta jajarannya bisa menemukan oknum tersebut dan mencari apa motivasinya, itu yang paling penting. Kalau perilakunya itu tidak terlalu berat, tapi motivasinya mengadu domba umat beragama itu yang paling penting,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, saat ini Polda Jatim telah membentuk tim khusus untuk memburu oknum yang ada dalam video.

“Kita sudah membentuk tim untuk melakukan pencarian terhadap pelaku tersebut,” kata Gatot, Senin 10 Januari 2021.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.