Pakai Masker Double Lebih Aman Cegah Covid-19, Ini Panduannya

Rizal Maulana (kiri) saat menjelaskan penggunaan masker double dalam podcast Beri Tanda RS Mata Undaan. (Foto: dok. RS Mata Undaan)

[ad_1]

Pemakaian masker double saat ini sangat direkomendasikan sebagai protokol kesehatan Covid-19.

RS Mata Undaan Surabaya memberikan panduan pengunakan masker double. Salah satu tenaga kesehatan RS Mata Undaan, Rizal Maulana S.Kep, Ns menjelaskan, lapisan pertama dalam pemakaian masker double ialah masker medis, lalu lapisan kedua mengunakan masker kain.

“Untuk penggunaan masker medis double tidak disarankan, karena dapat menyebabkan hypoxia atau gangguan pernapasan,” kata anggota tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RS Mata Undaan.

Rizal menambahkan, pemakaian masker N95 sebenarnya juga sudah cukup, bila tidak ingin memakai masker double.

“Atau bisa juga mengunakan masker medis dengan mengikat simpul kedua ujung talinya agar sisi kiri dan kanannya tertutup rapat,” ujarnya dalam podcast Beri Tanda yang tayang di YouTube Chanel RS Mata Undaan.

Tambah Rizal, selain pemakaian masker double, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunakan masker. Antara lain, ketika melepas masker atau ingin membuangnya sebaiknya pegang bagian belakang atau talinya.

“Karena bagian depan adalah area infeksius, yaitu area virus menempel,” imbuhnya.

Selanjutnya, ujar Rizal, bila masker basah atau lembab sebaiknya segera diganti. Upayakan juga jangan menaruh masker sembarangan, bila ingin ditaruh dimeja sebaiknya alasi dengan tisu.

Tentang RS Mata Undaan

Rumah Sakit Mata Undaan adalah penyelenggara pelayanan  kesehatan yang secara khusus melayani penderita penyakit mata. Rumah Sakit ini berdiri tahun 1933 dengan nama Soerabaiache Oogheelkundige Kliniek. Kini, Rumah Sakit Mata Undaan pun telah menjadi Rumah Sakit Khusus menangani penyakit mata dan telah menjadi ikon kota Surabaya.

Berlokasi di jantung kota Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan adalah sebuah Rumah Sakit Khusus Kelas B yang memiliki 4 layanan unggulan. Diantara layanan tersebut adalah Lasik, Vitreo Retina, Glaukoma, dan Katarak.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.