Panduan yang Harus Dilakukan Ibu Hamil selama Pandemi

  • Bagikan
Panduan bagi ibu hamil selama pandemi Covid-19. (Foto: unsplash)


Risiko bagi ibu hamil dan melahirkan meningkat selama pandemi Covid-19 berlangsung. Selain risiko terpapar virus Covid-19, buruknya layanan kesehatan akibat pandemi juga menambah risiko bagi ibu hamil. Berikut sejumlah panduan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil selama pandemi.

Disiplin Protokol Kesehatan

Ibu hamil harus mematuhi protokol kesehatan, 3M, 3T, dan VDJ. Tujuannya untuk meminimalisir risiko terpapar Covid-19.

3M antara lain memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sedangkan 3T adalah tracing, testing, dan treatment. Sementara VDJ adalah memperhatikan ventilasi, durasi, dan jarak saat berinteraksi dengan orang lain. Menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin, penting dilakukan oleh ibu hamil selama pandemi.

Rutin Periksa Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan harus tetap dilakukan rutin. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kehamilan dan jadwal konsultasi selama pandemi. Atur jadwal jauh-jauh hari agar dapat mempersiapkan pemeriksaan dengan baik.

Berdasarkan rekomendasi, pemeriksaan tatap muka pada ibu hamil selama pandemi dilakukan satu kali pada trimester pertama, dua kali pada trimester kedua, dan tiga kali pada trimester ketiga, dikutip dari cnnindonesia.com.

Pola Hidup Sehat dan Olahraga

Gaya hidup bersih dan sehat dapat melindungi diri dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Ibu hamil juga harus rutin berolahraga. Olahraga pada ibu hamil baik untuk menjaga daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan memudahkan persalinan.

Vitamin

Asupan vitamin sangat diperlukan oleh ibu hamil dan juga janin. Konsumsi sejumlah nutrisi penting seperti asam folat, kalsium, vitamin C, vitamin D, dan zat besi.

Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mengetahui nutrisi tambahan yang umumnya berbeda pada setiap ibu hamil.

Tak Cemas

Penting bagi ibu hamil agar tidak cemas dan stres selama hamil. Hati harus dijaga agar selalu senang. Kecemasan berlebihan mampu membahayakan janin, serta membuat ibu hamil enggan keluar rumah.

Panduan Kemenkes

Selain itu, kementerian kesehatan juga mengeluarkan panduan lengkap bagi ibu hamil, hingga tenaga kesehatan serta fasilitas layanan kesehatan selama pandemi.

Panduan tersebut diberikan agar menyesuaikan kondisi new normal pada saat PSBB tahun lalu. Berikut panduan lengkap bagi ibu hamil dari kemenkes. (Cni)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *