Pangdam V/Brawijaya dan Wakapolda Jatim Ziarah Makam Bung Karno

  • Bagikan
Pangdam V/Brawijaya bersama Wakapolda Jatim ziarah makam Bung Karno. (Foto: Dok Polres Blitar)


Panglima Kodam V / Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Wakil Kepala Polda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo melakukan ziarah ke Makam Presiden Soekarno di Kota Blitar, Selasa, 1 Juni 2021.

Keduanya berziarah ke Makam Proklamator Kemerdekaan RI itu dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

Rombongan tiba di kompleks Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar sekitar pukul 11.30 WIB.

Kedua pejabat TNI dan Polri mengikuti upacara kemiliteran di area utama Makam Bung Karno sebelum melakukan doa dan tabur bunga ke pusara Makam.

Lantunan lagu kebangsaan dengan iringan grup drum band dari Kodam V / Brawijaya juga mewarnai jalannya ziarah ke Proklamator RI tersebut.

Selain pejabat utama Kodam V/Brawijaya dan Polda Jatim, keduanya juga didampingi Wali Kota Blitar Santoso, Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela, dan Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setiawan.

“Kami semua hadir ke Makam Bapak Ir Soekarno sebagai penghormatan dari generasi penerus TNI terhadap jasa-jasa Beliau dalam memproklamirkan kemerdekaan dan melahirkan Pancasila,” ujar Suharyanto kepada wartawan usai ziarah.

Suharyanto mengatakan, Presiden Soekarno tidak hanya berjasa besar pada tercapainya kemerdekaan Negara Republik Indonesia tapi juga penggalian nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia yang kemudian menjadi rumusan pedoman yang disebut Pancasila.

Menurutnya, berkat adanya Pancasila, beribu-ribu etnis, budaya dan berbagai keragaman dari Bangsa Indonesia bisa bersatu.

“Kita telah sepakat bersama bahwa Pancasila ini merupakan perekat bangsa, perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *